androidvodic.com

Negara-Negara Arab Desak FIFA dan UEFA Larang Israel Ikut Kompetisi karena Agresi di Gaza - News

News – Federasi sepak bola dari belasan negara di Timur Tengah meminta Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) untuk melarang tim Israel ikut dalam kompetisi sepak bola.

Permintaan pelarangan itu diajukan dengan alasan bahwa Israel telah melancarkan serangan di Jalur Gaza.

Dikutip dari Russia Today yang mengutip Sky News, usulan pelarangan tersebut disampaikan secara tertulis lewat surat.

Dalam surat itu disebutkan bahwa Federasi Sepak Bola Asia Barat mendesak FIFA dan UEFA untuk membentuk sebuah “front persatuan”.

“Sebua front persatuan dalam mengucilkan Asosiasi Sepak Bola Israel dari aktivitas terkait dengan sepak bola hingga tindakan agresinya dihentikan,” demikian pernyataan dalam surat itu.

FIFA juga diminta untuk menujukkan sikap penolakan terhadap kejahatan di Palestina.

“Sikap tegas menolak kejahatan yang dilakukan di Palestina dan kejahatan perang dengan mengecam pembunuhan warga sipil tak berdosa, termasuk pemain, pelatih, wasit, dan ofisial, [dan] penghancuran infrastruktur sepak bola.

Hal tersebut ditanggapi negatif oleh Asosiasi Sepak Bola Israel yang menyebut surat usulan itu sebagai surat yang “tidak tahu malu”.

Asosiasi tersebut kemudian mendesak FIFA untuk menolak seruan pelarangan tim Israel dalam kompetisi Internasional.

“Saya percaya FIFA tidak akan melibatkan politik di dalam sepak bola,” Kata CEO Asosiasi Sepak Bola Israel Niv Goldstein kepada Sky News.

“Kami menolak pelibatan politik di dalam sepak pola dan terlibat dalam urusan politik dalam olahraga secara umum,” katanya menambahkan.

Baca juga: Hubungan Terancam Ambyar, AS Anggap Israel Terlalu Banyak Bunuh Warga Palestina di Gaza

Kemudian, dia mengaku tengah menantikan adanya “perdamaian dunia”.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal UEFA Theodore Theodoridis berujar bahwa saat ini tidak ada pembahasan mengenai pelarangan tim Israel dalam kompetisi Eropa.

Dia juga membantah telah mengambil langkah khusus bagi Israel. Sebelumnya, UEFA memutuskan melarang semua tim Rusia sehubungan dengan konflik di Ukraina.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat