androidvodic.com

Presiden AS, Joe Biden Membahas Rencana Gencatan Senjata di Gaza Selama 6 Minggu - News

Presiden AS, Joe Biden Membahas Rencana Gencatan Senjata di Gaza Selama 6 minggu

News- Presiden AS Joe Biden mengumumkan proposal dan perundingan  yang sedang berlangsung untuk jeda enam minggu dalam perang Israel di Jalur Gaza, dengan mengatakan rencana tersebut dapat mengarah pada gencatan senjata jangka panjang.

Menyusul pembicaraan antara Biden dan Raja Abdullah dari Yordania pada hari Senin, di mana mereka membahas berbagai masalah yang akan datang termasuk serangan darat Israel di Gaza selatan dan meningkatnya bencana kemanusiaan di kalangan warga sipil Palestina, Biden mengklarifikasi bahwa AS bekerja sama dengan sekutunya di wilayah tersebut dalam upaya untuk mencapai tujuan bersama. sepakat untuk menghentikan sementara pertempuran guna memungkinkan pembebasan sandera dan peningkatan aliran bantuan kemanusiaan.

Kesepakatan tersebut dilaporkan akan dimulai dengan jeda yang berlangsung setidaknya enam minggu, menurut presiden, “yang kemudian kita dapat meluangkan waktu untuk membangun sesuatu yang lebih bertahan lama” dalam bentuk gencatan senjata jangka panjang.

Raja Abdullah menekankan perlunya gencatan senjata yang luas di Gaza, dan menegaskan bahwa “Kita tidak bisa berdiam diri dan membiarkan hal ini terus berlanjut. Kita membutuhkan gencatan senjata yang langgeng sekarang. Perang ini harus diakhiri.”

Pembicaraan dan upaya kedua pemimpin menuju gencatan senjata terjadi ketika Israel baru-baru ini mengumumkan rencananya untuk melancarkan serangan darat di Rafah, wilayah di Gaza selatan di mana pemerintah Israel pada awalnya memerintahkan warga Gaza untuk mengungsi guna mencari perlindungan dari pemboman pendudukan. dan invasi.

Penargetan langsung dan nyata terhadap Rafah, yang diduga untuk mengalahkan “batalion Hamas” yang tersisa, akan membuat lebih dari satu juta warga Palestina yang sudah mengungsi di wilayah tersebut tidak punya tempat lain untuk melarikan diri, karena pemerintah Israel telah membinasakan – dan terus – menghancurkan seluruh wilayah tersebut. daerah lain di wilayah yang terkepung.

Situasi kemanusiaan di Rafah kini begitu buruk sehingga bahkan pendukung setia Israel, Biden, menjadi semakin prihatin dengan tindakan Israel, sehingga Biden menjadi vokal dalam menuntut agar Tel Aviv menahan diri melakukan serangan darat di Rafah tanpa rencana perlindungan yang pasti. warga sipil Palestina.

Hamas dan Israel Semakin Dekat dengan Kesepakatan Gencatan Senjata, Perundingan di Kairo

Delegasi dari Hamas, Israel, Amerika Serikat dan Qatar sedang berada di ibu kota Mesir untuk melakukan perundingan.

Israel dan Hamas membuat kemajuan menuju gencatan senjata dan kesepakatan pertukaran tawanan, Associated Press (AP) melaporkan pada 13 Februari.

Perundingan akan dilanjutkan pada hari Selasa di Kairo, di mana para pejabat dari Qatar, AS, dan Israel hadir, menurut dua pejabat yang mengetahui langsung perundingan tersebut.

David Barnea, kepala badan intelijen Mossad, akan memimpin delegasi Israel, sementara direktur CIA William Burns akan memimpin delegasi AS. Hamas tidak memiliki delegasi di Kairo dan melakukan negosiasi melalui mediator.

Israel terus menahan ribuan warga Palestina di penjara-penjaranya, sementara Hamas menahan 100 warga Israel di Gaza dan sekitar 30 lainnya tewas akibat pemboman Israel.

Seorang pejabat senior Mesir mengatakan para mediator telah mencapai kemajuan negosiasi yang “relatif signifikan”.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat