androidvodic.com

Kapal RS TNI AL Bongkar 242 Ton Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina di Pelabuhan El Arish - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Sebanyak 242 ton bantuan kemanusiaan untuk warga Gaza Palestina dari masyarakat Indonesia tiba di Pelabuhan El Arish, Mesir.

Bantuan tersebut diangkut Kapal Rumah Sakit KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 (KRI RJW-992) TNI AL dan proses diperkirakan akan berlangsung selama 4 hari.

Bantuan selanjutnya diserahkan kepada Perwakilan Egypt Red Crescent (Bulan Sabit Merah Mesir/ERC) Ahmed Buhaeri Ali di Pelabuhan El Arish Sesir, Selasa (13/2/2024).

KRI RJW-992 merupakan kapal bantu rumah sakit TNI AL yang tergabung dalam misi kemanusiaan pengiriman bantuan untuk masyarakat sipil korban konflik di Gaza yakni Satgas Port Visit Mesir 2024.

"Hari ini, Rabu (14/2) proses debarkasi (bongkar muat) sebanyak 242 ton bantuan sedang dilakukan secara bertahap dan diperkirakan akan berlangsung selama 4 hari," kata keterangan resmi Dinas Penerangan TNI AL pada Rabu (14/2/2024).

"Bantuan kemanusiaan yang akan disalurkan antara lain bahan makanan, alat medis, obat-obatan, selimut, tenda, dan barang logistik lainnya yang dibutuhkan oleh para korban konflik di Gaza," sambung keterangan tersebut.

Setelah tahap debarkasi (bongkar muat) selesai, bantuan akan dikirimkan oleh pihak ERC masuk ke Gaza melalui perbatasan Rafah.

Selanjutnya bantuan dibawa masuk dan disalurkan ke korban konflik di Gaza Palestina.

Baca juga: Warga Gaza Olah Pakan Ternak untuk Dimakan, Truk Bantuan Kemanusiaan UNRWA Tak Bisa Masuk Gaza Utara

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit Jalasena yang tengah mengemban misi mulia bahwa TNI AL berkomitmen untuk memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia maupun internasional termasuk dalam misi perdamaian dan kemanusiaan, serta menekankan untuk senantiasa menjaga nama baik TNI, khususnya TNI AL, bangsa, dan negara di kancah internasional," kata keterangan tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat