androidvodic.com

Ucapan-ucapan Pemimpin Negara Sahabat Terhadap Prabowo, PM Ceko Doakan Transisi Lancar - News

News -- Hasil pemilihan presiden atau Pilpres 2024 baru digelar sehari. Namun dari penghitungan versi quick count, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming memperlihatkan bakal menang satu putaran.

Data terakhir pagi ini, rata-rata perolehan suara Prabowo-Gibran hampir menyentuh hampir 60 persen. Litbang Kompas menunjukkan angka 58,73%; Indikator Politik Indonesia 58%; dan LSI Denny JA sebesar 58,16 %.

Para pemimpin negara sahabat pun telah menyimpulkan kemenangan terhadap pasangan bernomor urut 02 tersebut.

Sejumlah dari mereka langsung memberikan ucapan selamat kepada pasangan yang diusung oleh Partai Gerindra dan koalisinya.

Berikut ucapan selamat para pemimpin negara sahabat:

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kunjungan resmi Perdana Menteri Republik Ceko Petr Fiala, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa, (18/4/2023).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kunjungan resmi Perdana Menteri Republik Ceko Petr Fiala, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa, (18/4/2023). (Ist)

1. Perdana Menteri Ceko Petr Fiala

Melalui akun akun X pribadinya, @P_Fiala, Petr Fiala menuliskan ucapan selamat kepada paslon nomor urut dua Prabowo Subianto, atas kemenangan yang diraihnya berdasarkan hasil hitung cepat (quick count).

"Selamat kepada H.E. @prabowo Subianto karena memenangkan Pilpres Indonesia 2024," cuit Petr.

Dalam unggahannya, Petr juga menyorot perihal kunjungannya ke Tanah Air. Ia lalu mendoakan agar transisi kepemimpinan Presiden Joko Widodo ke Prabowo dapat berjalan baik.

Kepada Prabowo, Fiala menyatakan kesiapannya untuk memperkuat hubungan antara Republik Ceko dan Indonesia di bawah kepemimpinannya Presiden RI yang baru.

"Mengingat kunjungan saya ke negara Anda yang indah kurang dari setahun lalu, izinkan saya mendoakan transisi yang lancar sekaligus menyatakan kesiapan kami untuk memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara," tulis Petr.

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese
Perdana Menteri Australia Anthony Albanese (AAP)

2. Perdana Menteri Australia Anthony Albanese

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengucapkan selamat kepada capres nomor urut 2 Prabowo Subianto yang unggul di pilpres 2024 dalam hasil perhitungan sementara, Kamis (15/2/2024).

"Saya merasa terhormat menjadi pemimpin luar negeri pertama yang hari ini berbicara dengan @prabowo, yang jelas-jelas unggul dalam perhitungan resmi dan tidak resmi, mengenai ambisi untuk masa depan hubungan Australia-Indonesia," tulis dia.

"Sebagai sesama negara demokrasi dan sahabat dekat, Australia menyampaikan ucapan selamat kepada Indonesia karena berhasil menyelenggarakan pemilihan presiden pada tanggal 14 Februari," lanjut dia.

Albanese berharap dapat segera menjalin kerja sama bilateral dengan Indonesia, yang akan dipimpin oleh presiden baru saat dilantik pada Oktober 2024 mendatang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat