androidvodic.com

Daftar Negara Barat Pemasok Senjata Terbanyak ke Israel: Spanyol 2 Muka, Jerman Naik 10 Kali Lipat  - News

Daftar Negara Barat Pemasok Senjata Terbanyak ke Israel, Spanyol 2 Muka, Jerman Naik 10 Kali Lipat 

News - Surat kabar Al-Ghad pada Minggu (18/2/2024), melaporkan kalau Jerman dan Inggris berada di urutan teratas negara-negara Barat yang terus mendukung pendudukan Israel di Palestina dengan senjata.

Terkhusus Inggris, negara ini ikut terseret dalam tuduhan aksi genosida di Gaza oleh Mahkamah Internasional (ICJ) seiring meningkatnya tekanan dari pihak organisasi hak asasi manusia dunia.

Baca juga: Serangan Hizbullah Bikin Para Pemukim Israel Lari dari Margaliot: Cuma Bisa Sembunyi di Balik Tembok

Dilaporkan, Amerika Serikat (AS) adalah pemasok senjata terbesar bagi pendudukan Israel.

Posisi AS diikuti oleh Jerman dan Inggris yang juga telah memberikan dukungan signifikan kepada Israel selama bertahun-tahun.

Menurut data terbaru dari Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), AS memasok 70,2 persen persenjataan ke Israel selama periode 2011-2020, diikuti oleh Jerman sebesar 23,9 persen dan Italia sebesar 5,9 persen.

Menurut organisasi non-pemerintah Inggris, Campaign Against Arms Trade (CAAT), Jerman dan Inggris tidak mengungkapkan ekspor senjata mereka secara transparan.

Namun berdasarkan informasi yang diperoleh dari sumber terbuka, pemerintah Jerman menyetujui penjualan senjata senilai setidaknya 1,4 miliar euro kepada pendudukan selama periode 2015-2020.

Pada periode yang sama, Inggris mengirimkan pesawat tempur, rudal, tank, pesawat ringan, dan senjata ke Israel.

Ekspor peralatan militer Inggris ini berjumlah 426 juta euro, termasuk komponen senjata dan amunisi.

Angka-angka ini tidak termasuk ekspor senjata Jerman dan Inggris ke wilayah pendudukan melalui negara-negara pihak ketiga.

Seorang tentara Israel menyusun peluru artileri 155mm di dekat howitzer self-propelled yang dikerahkan di posisi dekat perbatasan dengan Lebanon di wilayah Galilea atas di Israel utara pada 18 Oktober 2023.
Seorang tentara Israel menyusun peluru artileri 155mm di dekat howitzer self-propelled yang dikerahkan di posisi dekat perbatasan dengan Lebanon di wilayah Galilea atas di Israel utara pada 18 Oktober 2023. (Jalaa MAREY / AFP)

Ekspor Senjata Jerman ke Israel Naik Sepuluh Kali Lipat dalam Setahun

Menurut laporan mengenai persetujuan penjualan senjata ke luar negeri yang dikeluarkan oleh Kementerian Federal Jerman untuk Urusan Ekonomi dan Aksi Iklim, penjualan senjata dan peralatan militer negara tersebut kepada Israel meningkat sepuluh kali lipat tahun lalu dibandingkan tahun 2022.

Nilai total ekspor senjata Jerman ini mencapai 326,5 juta euro.

Pada minggu-minggu awal setelah dimulainya serangan di Gaza pada 7 Oktober 2023, pemerintah Jerman menyetujui 185 permintaan izin tambahan untuk mengekspor pasokan senjata ke Israel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat