androidvodic.com

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-727, Pilot Helikopter Rusia yang Membelot ke Ukraina Tewas di Spanyol - News

News - Berikut ini rangkuman peristiwa yang terjadi dalam perang Rusia-Ukraina yang telah memasuki hari ke-727 pada Selasa (20/2/2024).

Direktorat Utama Intelijen Kementerian Pertahanan Ukraina (GUR) mengatakan seorang pilot helikopter Rusia yang membelot ke Ukraina dengan membawa kabur pesawatnya pada tahun 2023 kemarin, ditemukan tewas di Spanyol.

Media Spanyol melaporkan Maksim Kuzminov ditemukan dengan bekas luka tempat sebanyak 12 kali di tempat parkir mobil di basement blok apartemen di kota Villajoyosa di Alicante di pantai Mediterania.

Pada Agustus 2023 lalu, Kuzminov mendaratkan helikopter Mi-8 AMTSh miliknya di wilayah Ukraina.

Dua rekan pilotnya tewas, konon menolak menyerah, dikutip dari The Guardian.

GUR Ukraina mengatakan pada saat itu bahwa Kuzminov membelot setelah operasi darat Rusia ke Ukraiana berjalan selama enam bulan.

"Sebelum membelot, keluarga pilot tersebut dievakuasi dari Rusia,"kata Budanov.

Kematian pilot helikopter yang membelot itu terjadi beberapa hari setelah tokoh oposisi Rusia, Alexei Navalny ditemukan tewas di penjara.

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-727:

  • Ukraina menembak jatuh dua pesawat tempur Rusia yang digunakan untuk menjatuhkan bom udara berpemandu, kata panglima militer Oleksandr Syrskyi.

    "Pesawat yang hancur adalah pesawat pembom tempur Su-34 dan pesawat tempur Su-35," tulis Syrskyi di Telegram.

    Baca juga: Pilot Pengkhianat yang Bajak Helikopter Rusia Tewas Ditembak di Spanyol

    Selama akhir pekan kemarin, Ukraina mengatakan telah menembak jatuh tiga Su-34 Rusia dan satu Su-35.
  • Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden dijadwalkan bertemu dengan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Mike Johnson, untuk membahas pendanaan Ukraina.

    Senat AS bulan ini meloloskan paket bantuan senilai $95 miliar yang mencakup dana untuk Ukraina.

    Namun Johnson menolak untuk membahasnya dalam pemungutan suara di DPR, yang dikuasai Partai Republik.
  • NBC News melaporkan Gedung Putih siap mengirim rudal taktis jarak jauh ke Ukraina jika Kongres menyetujui paket pendanaan baru.
  • Kanada akan menyumbangkan lebih dari 800 drone multi-misi SkyRanger R70 ke Ukraina, kata Menteri Pertahanan Kanada, Bill Blair.
  • Palang Merah mengatakan mereka sedang mencoba mencari tahu apa yang terjadi pada 23.000 orang yang hilang selama perang Rusia di Ukraina.

    "Komite Internasional Palang Merah mengatakan pihaknya sedang berupaya untuk mengetahui apakah mereka ditangkap, dibunuh, atau kehilangan kontak setelah meninggalkan rumah mereka," papar pernyataan Palang Merah.
  • Menteri Luar Negeri Belgia, Hadja Lahbib, telah meminta Uni Eropa (UE) untuk mengembangkan pasukan di tengah meningkatnya kegelisahan terhadap agresi Rusia.
  • Berbicara dalam perjalanannya ke pertemuan puncak para menteri luar negeri di Brussels pada hari Senin (18/2/2024), Menteri Luar Negeri Estonia, Margus Tsahkna, menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai “pembunuh” dan mengatakan Ukraina sangat membutuhkan lebih banyak amunisi.

(News, Andari Wulan Nugrahani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat