androidvodic.com

PPI Jepang Sayangkan Teknologi Informasi yang Membuat Gaduh Pascapemilu - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang (PPI Jepang) menyayangkan teknologi informasi yang ada saat ini malahan membuat gaduh pasca pemilu.

Warga negara Indonesia (WNI) di seluruh dunia baru saja melaksanakan Pemilu Presiden, Wakil Presiden, Anggota DPD dan Anggota Legislatif di setiap jenjang pemerintah.

Dalam Pemilu tahun 2024 banyak aplikasi teknologi informasi yang digunakan saat, sebelum dan sesudah pemilu.

Aplikasi teknologi informasi ini dikenal dengan e-democracy. Masifnya penggunaan e-democracy dirasa efektif mengingat dari 204.807.222 WNI yang memiliki hak pilih, 55 persen atau sekitar 114 juta di antaranya adalah suara Gen Z dan milenial.

Keterlibatan generasi muda dalam pemilu bukan sekadar angka-angka partisipasi, melainkan sebuah sinyal perubahan yang berpotensi membawa harapan baru menciptakan demokrasi substansial dan transparan.

Baca juga: Hadar Gumay: KPU Tidak Siap Hadapi Pemilu, Semua Berantakan

“PPI Jepang menyambut baik penggunaan berbagai macam bentuk e-democracy pada Pemilu 2024 ini!” ucap Fadlyansyah Farid.

Namun, tambah pengurus PPI Jepang itu lagi, "Kami menyayangkan kegaduhan yang timbul pasca pemilu akibat penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). Padahal inovasi e-democracy SiRekap merupakan suatu terobosan terkait transparansi formulir C1 yang dapat diakses setiap orang secara digital."

“Panitia Pemungutan Suara Luar Negeri Tokyo hingga ini juga belum mengupload formulir C1 ke Si Rekap!” Ujar Prima Gandhi Wakil ketua PPI Jepang yang menjadi Ketua KPPSLN Pos 13 di Tokyo.

Gandhi menduga KPU RI masih melakukan sikronisasi data C1 yang sudah diupload.

"Kita dukung KPU RI melakukan sinkronisasi untuk memenuhi hak informasi publik yang akurat sehingga tidak ada kegaduhan yang terjadi !” ujar Gandhi kepada News di Setagaya Tokyo.

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat