androidvodic.com

Israel Tambah Utang Rp 938 Triliun Pukulan Ekonomi Terbesar buat Mobilisasi 300.000 Pasukan Cadangan - News

Israel Tambah Utang Sebesar Rp 938 Triliun, Belanja Perang Membengkak Dua Kali Lipat

News- Israel akan menambah utang sebesar $60 miliar (Rp 938 Triliun) seiring dengan peningkatan belanja perang sebanyak dua kali lipat.

Seorang pejabat kementerian keuangan mengatakan pukulan terbesar terhadap keuangan negara adalah karena ada dana besar untuk memobilisasi pasukan cadangan.

Akuntan jenderal kementerian keuangan Israel, Yali Rothenberg, mengatakan bahwa Israel sedang menyusun rencana untuk memerangi kerugian ekonomi besar yang melanda Tel Aviv setelah operasi Perlawanan Palestina selama empat bulan, Financial Times melaporkan pada 26 Februari.

“Fundamental ekonomi sudah ada,” kata Rothenberg kepada Financial Times. “Jika Anda melihat sektor teknologi tinggi, itu ada. Jika Anda melihat investasi infrastruktur, memang ada. Jika Anda melihat konsumsi swasta, memang ada.”

Israel berencana menambah utang sebesar $60 miliar pada tahun ini, serta membekukan perekrutan pegawai pemerintah dan menaikkan pajak karena negara ini telah meningkatkan belanja perangnya hampir dua kali lipat.

Pukulan ekonomi terbesar terjadi akibat mobilisasi 300.000 pasukan cadangan.

Baca juga: Hadiri Forum di Jenewa, Menlu Retno Desak Negara-negara Setop Kirim Senjata ke Israel

Lebih dari 100.000 pemukim yang mengungsi di utara dan selatan, penurunan belanja konsumen, dan 150.000 pekerja Palestina yang dilarang memasuki Israel dari Tepi Barat yang diduduki.

Rothenberg mengatakan bahwa demobilisasi pasukan cadangan dapat membantu perekonomian secara signifikan, dan mencatat bahwa sekitar 60.000, seperlima dari total pasukan cadangan, masih melakukan agresi di Jalur Gaza yang terkepung.

Dia mencatat bahwa jumlah tersebut diperkirakan akan menyusut antara 30.000 hingga 40.000 pada akhir Maret, dan menambahkan bahwa perang telah “menurun.”

Meskipun ada kebutuhan untuk melakukan deeskalasi ekonomi, Israel mengancam akan melakukan ekspansi ke Rafah, di Gaza selatan, tempat lebih dari satu juta warga Palestina yang mengungsi saat ini mencari perlindungan.

Meningkatnya kekhawatiran mengenai pembalasan Hizbullah dari utara juga membuat Israel mengancam akan meningkatkan operasi di tanah Lebanon terlepas dari gencatan senjata di Gaza.

Baca juga: Panglima Perang dan Kepala Mata-Mata Israel Diam-Diam ke Mesir Bahas Penyerbuan Rafah

Hal ini pasti akan meningkatkan belanja pertahanan; pemerintah Israel berencana untuk meningkatkan belanja pertahanan tahun ini sebesar 55 miliar shekel – sekitar $15 miliar.

Hal ini menandai peningkatan belanja pertahanan sebesar 85 persen, dari 13,5 persen anggaran nasional sebelum perang menjadi 20 persen pada tahun 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat