androidvodic.com

IDF Tarik Paratroopers dari Gaza, Al Qassam Kendalikan Pertempuran di Zaytoun Pakai Data Israel - News

IDF Tarik Paratroopers  dari Gaza, Brigade Al Qassam Kendalikan Pertempuran di Zaytoun Pakai Data Israel

News - Klaim Israel kalau kekuatan milisi perlawanan Palestina di Gaza tinggal tersisa di Rafah, sepertinya belum terbukti di arena pertempuran.

Kabar dari Radio Tentara Israel mengumumkan kalau tentara Israel (IDF) justru menarik mundur Brigade Pasukan Terjun Payung (Paratroopers) dari Jalur Gaza, dan menggantinya dengan pasukan lain.

Baca juga: Menyerang dari Lebanon, Brigade Al Qassam Luncurkan Gelombang 40 Roket Grad: Kiryat Shmona Meledak!

"Keputusan tersebut diambil setelah terjadinya pertempuran sengit di Khan Yunis, di mana Perlawanan Palestina kembali mengambil inisiatif," tulis sebuah ulasan di PC.

Pasukan Terjun Payung telah ditempatkan di daerah Khan Yunis selama hampir tiga bulan.

“Baik radio maupun tentara tidak memberikan rincian mengenai jumlah dan peralatan Brigade Penerjun Payung yang telah meninggalkan Gaza,” lapor Al-Jazeera.

Disebutkan, Paratroopers menjadi satu di antara unit tempur IDF yang telah banyak kehilangan anggota pasukannya.

Baca juga: Gaza Selatan Meledak Lagi, Tank IDF Hangus, Tentara Israel Panggil Bala Bantuan di Gerbang Al-Zaytun

Gambar selebaran yang dirilis oleh tentara Israel pada 4 Februari 2024 ini menunjukkan pasukan Israel dilaporkan beroperasi di Khan Yunis, di Jalur Gaza selatan, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas.
Gambar selebaran yang dirilis oleh tentara Israel pada 4 Februari 2024 ini menunjukkan pasukan Israel dilaporkan beroperasi di Khan Yunis, di Jalur Gaza selatan, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas. (TENTARA ISRAEL / AFP)

Pertempuran Zaytoun, Al Qassam Pakai Data IDF

Skenario serupa terjadi di Zaytoun di Gaza utara. Perlawanan dari faksi-faksi milisi Palestina membuat pasukan IDF menderita kehilangan personel. 

“Brigade Al-Qassam mengendalikan pertempuran di lingkungan Zaytoun, sehingga menimbulkan kerugian pada pendudukan Israel,” lapor Al-Jazeera.

Sementara itu, militer Israel mengatakan tentaranya melanjutkan operasi militer di Zaytoun, diduga menghancurkan bukaan terowongan dan menemukan senjata milik milisi Perlawanan.

Di sisi lain, sumber utama di Brigade Al-Qassam, sayap militer Gerakan Perlawanan Palestina Hamas, mengatakan kalau Al-Qassam mengendalikan pertempuran di lingkungan Zaytoun dengan segenap kekuatan dan kemampuan.

Sumber tersebut mengatakan, milisi Perlawanan telah menimbulkan kerugian besar pada tentara Israel, baik dari segi kendaraan militer, perwira, dan tentara.

Sumber utama yang berbicara kepada Al-Jazeera menambahkan, pertempuran di wilayah Zaytoun dilakukan berdasarkan informasi dan dokumen intelijen yang diperoleh Al-Qassam dari tentara Israel.

“Analisis dokumen yang mereka peroleh memungkinkan Brigade Al-Qassam untuk mengidentifikasi tujuan dan rute yang diharapkan dari operasi pendudukan baru di lingkungan Zaytoun,” kata sumber tersebut.

Baca juga: Menyergap dari Reruntuhan Khan Yunis, Brigade Al-Qassam Tewaskan Tentara Infanteri Israel

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat