androidvodic.com

BRICS Pertimbangkan Kembangkan Sistem Pembayaran Berdasarkan Mata Uang Digital dan Blockchain - News

Rusia Mengungkap Pekerjaan pada Sistem Pembayaran Blockchain untuk Negara-negara BRICS

News- Rusia mengungkapkan pekerjaan pada 'sistem pembayaran blockchain' untuk negara-negara BRICS.

Blok Global Selatan yang kuat telah mencari cara untuk mendedolarisasi perdagangan dan menghindari kebijakan perang ekonomi Washington.

Ajudan presiden Rusia, Yury Ushakov mengungkapkan pada tanggal 5 Maret bahwa blok negara-negara berkembang BRICS sedang mempertimbangkan untuk mengembangkan sistem pembayaran independen berdasarkan mata uang digital dan blockchain untuk mengurangi ketergantungan pada sistem keuangan barat.

“Kami percaya bahwa menciptakan sistem pembayaran BRICS yang independen merupakan tujuan penting di masa depan, yang akan didasarkan pada alat-alat canggih seperti teknologi digital dan blockchain".

"Hal utama adalah memastikan sistem tersebut nyaman bagi pemerintah, masyarakat umum, dan dunia usaha, serta hemat biaya dan bebas politik,” kata Ushakov kepada outlet berita milik pemerintah TASS.

Pejabat Kremlin menambahkan, “Pekerjaan akan terus dilakukan untuk mengembangkan Pengaturan Cadangan Kontinjensi, terutama mengenai penggunaan mata uang selain dolar AS.”

Detail sistemnya, seperti apakah BRICS akan mengembangkan blockchainnya sendiri atau menggunakan platform yang sudah ada, tidak diungkapkan oleh Ushakov.

Sebuah koalisi yang awalnya terdiri dari Brazil, Rusia, India, Tiongkok, dan Afrika Selatan, pada awal tahun BRICS berkembang untuk pertama kalinya sejak tahun 2010 hingga mencakup Mesir, Iran, Ethiopia, dan UEA.

Arab Saudi dan Argentina juga diundang untuk bergabung dengan blok tersebut tahun lalu; namun, pada bulan Februari, para pejabat Saudi mengatakan bahwa kerajaan tersebut masih mempertimbangkan undangan tersebut.

Sementara pemerintah sayap kanan di Buenos Aires secara resmi menolaknya karena Presiden baru terpilih Javier Milei berupaya memperdalam hubungan dengan AS.

Setelah Rusia menjadi negara yang paling terkena sanksi di dunia pada tahun 2022 setelah dimulainya perang di Ukraina, blok BRICS mulai secara serius mengupayakan pembentukan mata uang bersama untuk mendedolarisasi perdagangan dan menghindari persenjataan Washington terhadap sistem keuangan barat.

“Mengapa lembaga seperti bank BRICS tidak dapat memiliki mata uang untuk membiayai hubungan perdagangan antara Brazil dan Tiongkok, antara Brazil dan semua negara BRICS lainnya?” kata Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva pada Agustus lalu.

“Siapa yang memutuskan bahwa dolar adalah mata uang [perdagangan] setelah berakhirnya paritas emas?”

Tahun lalu, negara-negara BRICS juga meningkatkan perdagangan mata uang lokal untuk memperkuat perekonomian mereka dan melawan greenback.

“Kami tertarik untuk menciptakan mata uang terpadu dalam kelompok BRICS, dan ini bisa sangat efektif,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Iran Mahdi Safari dalam wawancara dengan Sputnik pada bulan Januari.

“Dengan menggunakan mata uang nasional, proses penghapusan penggunaan dolar di bursa komersial dimulai, dan kami tertarik untuk melanjutkan proses ini,” tambah Safari.

(Sumber: The Cradle)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat