androidvodic.com

PM Yunani dan Presiden Zelensky Nyaris Jadi Korban Rudal Rusia, Meledak 500 Meter Dari Posisi Mereka - News

News -- Presiden Volodymyr Zelensky dan Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis dikabarkan nyaris jadi korban ledakan rudal Rusia saat pertemuan mereka di Odesa.

Ukrainska Pravda mengabarkan, rudal yang ditembakkan oleh pasukan Rusia meledak dan hanya berjarak 500 meter dari lokasi pertemuan dua pemimpin negara Eropa tersebut.

Ledakan dilaporkan oleh CNN terjadi saat Mitsotakis dan Zelensky dalam perjalanan menuju Odesa secara konvoi pada Rabu (6/3/2024).

Baca juga: Heboh Spionase Rusia di Jerman, Dinas Rahasia Sudah Lama Peringatkan

Sumber CNN itu mengatakan kedua pemimpin negara itu sampai bisa melihat asap ledakan yang melayang seperti awan jamur.

Zelensky disebut-sebut sering melakukan perjalanan berisiko ke garis depan dan telah menyambut puluhan pemimpin dunia di Ukraina setelah lebih dari dua tahun perang skala penuh dengan Rusia, namun serangan pada hari Rabu bisa menjadi salah satu “seruan terdekat untuk presiden.”

Selain itu, kedekatan serangan terhadap Mitsotakis, pemimpin negara anggota NATO, juga menggarisbawahi bahaya dari kunjungan tersebut dan “potensi dampak global dari konflik tersebut.”

Mitsotakis mengatakan bahwa Zelensky mengajaknya berkeliling Odesa sebelum mereka mendengar peringatan serangan udara.

"Tak lama setelah itu, saat kami masuk ke dalam mobil, kami mendengar ledakan besar. Menurut saya, bagi kami, ledakan tersebut adalah pengingat terbaik dan paling jelas bahwa ada perang nyata yang sedang terjadi di sini. Setiap hari di sana adalah sebuah perang, yang tidak hanya berdampak pada barisan depan, para prajurit, tapi juga berdampak pada warga kita yang tidak bersalah.”

Sementara Ukrainska Pravda memberitakan Zelenskyy mengatakan bahwa dia telah menyaksikan serangan Rusia terhadap Odesa pada pagi hari tanggal 6 Maret, saat dia berada di kota tersebut pada saat itu, bersama dengan Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis. Dia juga mencatat bahwa serangan Rusia mengakibatkan korban sipil.

Baca juga: Helikopter Rusia di Kapal Patroli Sergey Kotov Diduga Ikut Hancur Akibat Serangan Drone Ukraina

Peringatan serangan udara dikeluarkan pada pukul 10:41 di Oblast Odesa, diikuti dengan ledakan keras. Pada pukul 10:45, Angkatan Udara melaporkan ancaman penggunaan rudal balistik di wilayah tempat peringatan serangan udara dikeluarkan.

Diketahui, lima orang tewas dalam serangan Rusia terhadap infrastruktur pelabuhan Odessa pada 6 Maret lalu.

Sebelumnya, setelah serangkaian ledakan di kota tersebut, sebagian listrik padam.

Ledakan terjadi di Odessa, kota itu diserang oleh drone Shahed. Angkatan Udara Angkatan Bersenjata Ukraina melaporkan bahwa UAV Rusia juga bergerak ke Oblast Mykolaiv.

Publikasi Dumsk menulis bahwa sebagian kota dibiarkan tanpa listrik - distrik Moldovanka dan sebagian pusat kota Odesa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat