androidvodic.com

Tanggal 15 Maret Jadi Batas Waktu, Israel Tetapkan Batas Waktu Melancarkan Perang Melawan Lebanon - News

Tanggal 15 Maret Jadi Batas Waktu, Israel Tetapkan Batas Waktu Melancarkan Perang Lawan Lebanon

News- Israel menetapkan batas waktu 15 Maret untuk melancarkan 'perang luas' melawan Lebanon.

Tel Aviv mengancam akan 'mendorong Hizbullah' menjauh dari perbatasan jika upaya diplomatik gagal, karena perlawanan Lebanon telah berhasil menciptakan zona penyangga militer yang meluas hingga ke wilayah pendudukan di bagian utara.

Israel telah memberi tahu negara-negara Barat yang mendukungnya mengenai batas waktu 15 Maret untuk mencapai penyelesaian politik dengan Lebanon, setelah itu Tel Aviv mengatakan pihaknya berencana untuk meningkatkan operasi militer menjadi perang yang luas, menurut diplomat Barat yang berbicara dengan harian Lebanon, Al- Akhbar.

Laporan ini muncul setelah kunjungan terbaru utusan khusus AS Amos Hochstein ke wilayah tersebut, yang Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant katakan bahwa operasi Hizbullah yang berkelanjutan membawa negara itu lebih dekat pada keputusan untuk memperluas operasinya di Lebanon.

“Hochstein menjadi yakin akan sulitnya menghentikan pertempuran di Lebanon sebelum berhenti di Gaza, dan dia juga yakin bahwa Hizbullah tidak menginginkan eskalasi,” Al-Akhbar mengutip pernyataan diplomat Barat tersebut.

Lebih jauh lagi, Nidaa al-Watan dari Lebanon mengutip para pejabat Barat pada hari Kamis yang mengatakan bahwa Hochstein “telah mundur dari kondisi penarikan Hizbullah” dari wilayah perbatasan dan bahwa “dia tidak lagi menyebutkan masalah ini dalam pertemuannya” dengan para pejabat Lebanon.

Para diplomat menambahkan, “Seluruh tuntutannya telah menjadi gencatan senjata dengan jaminan dari kedua belah pihak.” Namun demikian, sumber Nidaa al-Watan juga mengungkapkan bahwa Hochstein telah “membentuk kelompok kerja AS yang dipimpin oleh Duta Besar AS Lisa Johnson yang akan mengadakan pertemuan di kedutaan dan menyusun makalah politik untuk menerapkan Resolusi 1701.”

Badan-badan intelijen AS baru-baru ini menetapkan bahwa Tel Aviv sedang mempertimbangkan untuk melancarkan operasi darat di Lebanon selatan pada awal “musim semi atau awal musim panas.”

Washington dan Paris telah mendorong proposal deeskalasi di Lebanon sejak awal Februari. Tuntutan utama inisiatif Barat adalah penarikan Hizbullah dari wilayah perbatasan.

Namun, proposal tersebut tidak mencakup konsesi apa pun yang diberikan Israel kepada Lebanon, seperti penarikan diri dari wilayah yang telah diduduki secara ilegal selama beberapa dekade.

Kesepakatan Barat juga mencakup perjanjian demarkasi perbatasan yang ambigu, yang baru-baru ini disebut oleh Menteri Luar Negeri Lebanon sebagai solusi parsial. Pemerintah Lebanon belum secara resmi menanggapi usulan tersebut.

Pada tanggal 4 Maret, Hochstein mengatakan dalam kunjungannya ke Beirut bahwa Washington berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah Lebanon untuk mengakhiri kekerasan yang dimulai pada tanggal 8 Oktober, dan menambahkan bahwa gencatan senjata di Gaza tidak serta merta meluas ke Lebanon.

Hizbullah telah bersumpah bahwa mereka tidak akan berhenti menyerang situs-situs Israel sampai perang di Gaza berakhir.

“Posisinya jelas. Selama perang berlanjut di Gaza, ini berarti bahwa front Lebanon terkena dampaknya, dan ketika perang berhenti di Gaza, maka perang juga berhenti di Lebanon,” Wakil Sekretaris Jenderal Hizbullah Naim Qassem mengatakan kepada saluran berita Lebanon LBCI pada hari Selasa.

“Ketika ada gencatan senjata di Gaza, kami akan melakukan gencatan senjata… utusan AS Amos Hochstein dapat mengatakan apa yang dia inginkan, dan kami akan mengatakan apa yang kami inginkan.”

“Kami tidak peduli dengan pesan yang dikirim Hochstein dan diskusi atau jawaban apa pun yang dia terima dari pejabat negara, dan kami tidak ikut campur [dalam pembicaraannya dengan pejabat Lebanon]. Biasanya, kami bertukar pesan dengan pihak AS. Mengenai apa yang dikatakan Hochstein dan apa yang dia maksudkan, itu tidak berarti apa-apa bagi kami,” tambah Qassem sebelum menekankan bahwa perlawanan Lebanon 90 persen yakin bahwa tidak akan ada perang skala besar di Lebanon… 10 persen sisanya adalah jika Israel atau AS berubah pikiran.

(Sumber: The Cradle)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat