androidvodic.com

Jubir PBB: Komunitas Internasional Harus Fokus agar Bantuan ke Gaza Bisa Masuk Lewat Jalur Darat - News

Jubir PBB: Komunitas Internasional Harus Fokus agar Bantuan ke Gaza Bisa Masuk Lewat Jalur Darat

News- Juru bicara Sekretaris Jenderal PBB, Stephane Dujarric mengatakan komunitas internasional harus fokus pada masuknya bantuan ke Gaza melalui jalur darat kata PBB.

“Cara apa pun untuk memberikan lebih banyak bantuan ke Gaza, baik melalui laut atau udara jelas merupakan hal yang baik,” kata juru bicara tersebut.

PBB menyambut baik rencana Amerika Serikat pada hari Kamis untuk membangun pelabuhan di Jalur Gaza untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan ke daerah kantong Palestina, namun mengatakan bahwa fokusnya harus tetap pada bantuan melalui darat.

“Cara apa pun untuk memberikan lebih banyak bantuan ke Gaza, baik melalui laut atau udara jelas merupakan hal yang baik. Fokus kami dan komunitas internasional harus terus meningkatkan distribusi skala besar dan masuknya bantuan melalui darat,” kata Stephane Dujarric, juru bicara Sekretaris Jenderal Antonio Guterres, kepada wartawan.

Menekankan bahwa bantuan melalui jalur darat hemat biaya dan efektif dalam jumlah, Dujarric berkata: “Itulah mengapa kami telah mengatakan sejak awal, kami membutuhkan lebih banyak titik masuk, dan kami membutuhkan lebih banyak bantuan yang masuk. melalui darat."

Menurut OCHA (Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan), setengah dari 224 misi bantuan yang direncanakan ke wilayah yang memerlukan koordinasi difasilitasi oleh otoritas Israel, katanya.

“Setelah serangan angkatan laut Israel yang menghantam konvoi makanan yang dikoordinasikan PBB menuju ke utara Gaza pada tanggal 5 Februari, terjadi jeda operasional. Akibatnya, hanya 24 misi yang direncanakan ke wilayah utara yang terkepung bulan lalu, dan hanya enam misi yang difasilitasi. .”

Serangan Israel ke Gaza telah menewaskan sedikitnya 30.800 korban dan melukai hampir 73.000 lainnya di tengah kehancuran massal dan kekurangan bahan kebutuhan.

Israel juga menerapkan blokade yang melumpuhkan wilayah kantong Palestina, menyebabkan penduduknya, khususnya warga Gaza utara, berada di ambang kelaparan.

Sekitar 85 persen warga Gaza terpaksa mengungsi akibat serangan Israel di tengah kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah kantong tersebut rusak atau hancur, menurut PBB.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional, yang dalam keputusan sementara pada bulan Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.

(Sumber: Anadolu Agency)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat