androidvodic.com

Seperti Indonesia, 4 Negara Arab Ini Tetapkan Awal Ramadan 1445 H pada Selasa 12 Maret 2024 - News

Seperti Indonesia, 4 Negara Arab Ini Tetapkan Awal Ramadan pada Selasa 12 Maret 2024

News - Perbedaan penentuan awal Ramadan pada tahun ini juga dialami negara-negara Arab.

Seperti di Indonesia, sejumlah negara Arab ada yang sudah memulai bulan puasa pada Senin (11/3/2024). Tetapi ada juga yang baru memulai puasa pada Selasa (12/3/2024). 

Yordania dilaporkan menjadi adalah salah satu dari empat negara Arab yang akan memulai bulan suci Ramadan pada hari Selasa karena penampakan hilal.

Baca juga: VIDEO IDF Perketat Tekanan ke Jamaah yang Mau Salat Isya dan Tarawih di Gerbang Masjid Al-Aqsa

Selain Yordania, Oman, Maroko, dan Libya juga dilaporkan akan memulai Ramadan pada Selasa.

Sementara itu, Arab Saudi, UEA, Qatar, Kuwait, Bahrain, Yaman, Palestina, Mesir, Suriah, Tunisia, Aljazair, Sudan, dan Somalia telah menandai dimulainya Ramadan pada hari Senin.

Wakaf Sunni Irak dan Mufti Besar Lebanon, Sheikh Abdul Latif Derian, juga telah mengonfirmasi hari Senin sebagai awal Ramadan.

Lebih lanjut, dalam sebuah pernyataan, Pengadilan Kerajaan Arab Saudi secara resmi mengumumkan Senin sebagai awal Ramadan tahun 1445 H, Khaberni melaporkan.

Adapun sejumlah negara di Asia Tenggara, Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Singapura telah menjadwalkan Selasa sebagai hari pertama Ramadan.

Pemerintah Indonesia Tetapkan Awal Ramadan 1445

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI mengumumkan hasil Sidang Isbat penetapan puasa Ramadan tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Dalam hal ini, Pemerintah Indonesia menetapkan puasa Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024.

Pemerintah Indonesia menggelar sidang isbat penetapan puasa Ramadan ini pada Minggu (10/3/2024).

"Secara mufakat menetapkan bahwa 1 Ramadan 1445 Hijriyah jatuh pada hari Selasa tanggal 12 Maret 2024 Masehi," kata Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, dikutip dari tayangan YouTube Kemenag RI, Minggu (10/3/2024).

Penetapan awal puasa Ramadan pemerintah tersebut diketahui sama dengan penetapan Pengurus  Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat