androidvodic.com

Empat Kandidat Bersaing di Pilpres Rusia Hari Ini, Bagaimana Peluang Vladimir Putin? - News

News -- Rusia hari ini Jumat (15/3/2024) menggelar pemilihan presiden (pilpres). Pesta demokrasi tersebut dijadwalkan berlangsung selama tiga hari hingga Minggu (17/3/2024).

Empat orang tokoh akhirnya lolos menjadi kandidat akan bersaing memperebutkan jabatan tertinggi di negara bagian pada pemilu 2024, yang kedelapan secara keseluruhan dalam sejarah Rusia modern.

Keempatnya adalah Vladislav Davankov dari Partai Rakyat Baru, Presiden petahana Vladimir Putin calon independen, Leonid Slutsky dari partai LDPR dan Nikolay Kharitonov yang diusung Partai Komunis Rusia.

Baca juga: Diserang Drone Ukraina, Kilang Minyak Rostov Berhenti Beroperasi, Rusia Membalas Gempur Karkhov

Kanytor berita TASS mengabarkan, pada awal pemilihan presiden, total 33 orang, termasuk sembilan kandidat dari partai dan 24 kandidat independen, berencana mencalonkan diri sebagai presiden Rusia.

Namun hanya 15 orang di antara mereka yang akhirnya menyerahkan dokumen persyaratan untuk didaftarkan sebagai calon.

Ketika batas waktu pengajuan dokumen berakhir pada 1 Januari, hanya 11 kandidat yang tersisa dalam pencalonan, namun hanya empat yang akhirnya terdaftar.

Pemilu kali ini merupakan pemilu presiden pertama yang menggunakan teknologi terkini, yang telah diuji pada pemilu tingkat rendah sebelumnya: periode pemungutan suara tiga hari dan pemungutan suara jarak jauh.

Untuk pertama kalinya, warga Donbass dan Novorossia akan ambil bagian.

Tempat pemungutan suara telah dibuka di wilayah Timur Jauh Rusia, khususnya di wilayah paling timur Kamchatka dan Chukotka. Vladimir Solodov, gubernur Kamchatka, menjadi kepala daerah pertama yang memberikan suara.

Untuk pertama kalinya, pemilihan presiden di Rusia akan dilanjutkan selama tiga hari. Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum Pusat Rusia Ella Pamfilova, masyarakat Rusia menyukai format ini karena memberi mereka lebih banyak kesempatan untuk memilih.

Secara keseluruhan, lebih dari 94.000 TPS akan dibuka di Rusia mulai pukul 08.00 hingga 20.00. waktu lokal. Kecuali di beberapa lokasi di luar negeri, pemungutan suara secara resmi akan selesai pada pukul 21.00. pada tanggal 17 Maret, ketika tempat pemungutan suara di wilayah paling barat Rusia, Kaliningrad, akan ditutup.

Sebanyak 295 TPS akan dibuka di 144 negara asing dan di wilayah pusat luar angkasa Baikonur, yang disewa Rusia dari Kazakhstan. Jangka waktu pasti pemungutan suara di luar negeri berbeda-beda di setiap negara. Thailand akan menjadi negara pertama yang membuka TPS di wilayah Konsulat Jenderal Rusia di Phuket.

Pemilihan presiden mendatang juga akan menjadi pertama kalinya para pemilih memiliki pilihan untuk memberikan suara mereka secara elektronik, dengan pemungutan suara online tersedia di 29 wilayah, termasuk Moskow, yang mencakup sepertiga wilayah konstituen negara tersebut.

Para pemilih dapat mengajukan permohonan untuk memberikan suara mereka secara online mulai 29 Januari hingga 11 Maret.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat