androidvodic.com

Ukraina Luncurkan 35 Drone ke Wilayah Rusia, Moskow Tuding Kyiv Sabotase Pemilu - News

News, RUSIAUkraina meluncurkan 35 drone ke wilayah Rusia yang mengakibatkan kebakaran di kilang minyak, menargetkan Moskow dan mengganggu listrik di wilayah perbatasan, Minggu.

Pihak Moskow menuduh Kyiv melakukan sabotase pemilu setelah berhari-hari melakukan serangan terhadap infrastruktur Rusia, termasuk operasi udara terbesar di wilayah Rusia sejak Presiden Vladimir Putin memerintahkan invasi ke negara tetangga Ukraina dua tahun lalu.

Putin, yang hampir pasti akan memenangkan pemilu kembali berjanji akan membalas Ukraina atas serangan tersebut.

Kementerian Pertahanan Rusia memposting di aplikasi pesan Telegram, Minggu, 17  drone dihancurkan di wilayah Krasnodar di Rusia selatan, empat di wilayah Moskow dan sisanya di enam wilayah lainnya.

“Drone tersebut berhasil dilumpuhkan namun terjadi kebakaran akibat jatuhnya salah satu drone tersebut,” kata markas operasional wilayah Krasnodar di Rusia selatan melalui Telegram seperti dilansir dari Reuters, Minggu.

Kebakaran di kilang Slavyansk di Krasnodar telah padam dan tidak ada korban jiwa meskipun informasi awal menunjukkan satu orang meninggal karena serangan jantung, kata pemerintah.

Baca juga: Militer Rusia Paksa Warga Pendudukan Pilih Putin

Roman Siniagovskyi, kepala distrik administratif Slavyansk, mengatakan melalui Telegram, para pekerja kilang dievakuasi dan tidak ada ancaman warga akibat insiden tersebut.

Surat kabar Ukraina Ukrainska Pravda mengutip sumber intelijen Ukraina yang mengatakan Kyiv menganggap serangan pesawat tak berawak itu sukses karena kebakaran besar terjadi di dekat unit penyulingan minyak mentah yang menjadi sasaran utama.

Kilang minyak Slavyansk, sekitar 70 km (45 mil) utara Krasnodar, memproses sekitar 4,5 juta metrik ton minyak mentah per tahun, memproduksi bahan bakar terutama untuk ekspor, namun juga menjual sejumlah bensin di pasar domestik.

Walikota Moskow Sergei Sobyanin mengatakan tidak ada korban jiwa atau kerusakan yang dilaporkan akibat drone yang ditembak jatuh di tiga distrik dekat Moskow.

"Empat drone di utara Moskow hancur di wilayah Yaroslavl, tanpa ada kerusakan atau korban cedera yang dilaporkan," kata Gubernur Mikhail Yevrayev melalui Telegram.

Di wilayah perbatasan Belgorod, serangan empat drone yang diluncurkan Ukraina merusak saluran listrik dan gas di satu desa, kata Gubernur Vyacheslav Gladkov.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukan Rusia juga menembak jatuh 12 roket yang diluncurkan dari Ukraina menuju wilayah Belgorod pada hari Minggu.

Ketika Rusia menghadapi serangan dari Ukraina, militer Kyiv mengatakan pada hari Minggu bahwa serangan udara Rusia telah merusak perusahaan pertanian dan menghancurkan beberapa bangunan industri di pelabuhan Laut Hitam, Odessa, semalam. (Reuters/)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat