androidvodic.com

Oxfam: Israel Perburuk Krisis Kemanusiaan, Halangi Pengiriman, Truk-truk Ditahan Berminggu-minggu - News

Oxfam: Israel Perburuk Krisis Kemanusiaan, Halangi Pengiriman, Truk-truk Ditahan Berminggu-minggu

News- Truk bantuan Gaza menghadapi penundaan 20 hari dengan cara yang disengaja oleh Israel kata laporan dari Oxfam.

LSM yang berbasis di Inggris tersebut mengatakan Gaza membutuhkan lima kali lipat jumlah bantuan yang diperbolehkan untuk memenuhi kebutuhan hidup minimum.

LSM anti-kemiskinan Oxfam merilis sebuah laporan pada tanggal 17 Maret yang menunjukkan bahwa Israel sengaja memperburuk krisis kemanusiaan di Gaza dengan secara aktif menghalangi pengiriman bantuan dan membiarkan truk-truk terdampar selama berminggu-minggu.

Pihak berwenang Israel memimpin sistem inspeksi yang tidak berfungsi dan berukuran kecil yang membuat bantuan terus meningkat, menjadi sasaran prosedur birokrasi yang berat, berulang-ulang dan tidak dapat diprediksi yang berkontribusi terhadap truk-truk yang terjebak dalam antrian panjang rata-rata selama 20 hari, tulis laporan itu.

Oxfam mengatakan bahwa ketentuan yang diminta oleh Mahkamah Internasional (ICJ) seharusnya mengejutkan para pemimpin Israel.

Mereka mengambil tindakan segera untuk mencegah bencana lebih lanjut di Gaza. Namun, LSM tersebut menulis bahwa kondisi di Gaza ternyata semakin memburuk sejak keputusan ICJ (Mahkamah Internasional).

“Fakta bahwa negara-negara lain tidak cukup keras menentang Israel, namun beralih ke metode yang kurang efektif seperti drop udara dan koridor maritim adalah sebuah tanda bahaya besar, menandakan bahwa Israel terus menyangkal potensi penuh dari cara-cara yang lebih baik untuk memberikan lebih banyak bantuan,” tulis Sally. Abi Khalil, Direktur Oxfam Timur Tengah dan Afrika Utara.

Abi Khalil terus mengatakan bahwa “Pemerintah Israel tidak hanya gagal memfasilitasi upaya bantuan internasional tetapi juga secara aktif menghambatnya. Kami percaya bahwa Israel gagal mengambil semua tindakan yang mereka mampu untuk mencegah genosida.”

Israel secara rutin menolak barang-barang bantuan karena memiliki 'kegunaan ganda', pemerintah Israel sepenuhnya melarang bahan bakar penting dan generator serta barang-barang tanggap kemanusiaan penting lainnya seperti alat pelindung diri dan peralatan komunikasi.

“Banyak bantuan yang ditolak harus melalui sistem 'pra-persetujuan' yang rumit atau berakhir tertahan di gudang Al-Arish di Mesir,” kata laporan itu.

Laporan Oxfam menyatakan bahwa Israel, selama 157 hari perangnya di Gaza, telah mengizinkan 15.413 truk masuk ke wilayah kantong yang terkepung tersebut.

LSM tersebut mengklaim bahwa penduduk Gaza membutuhkan lima kali lebih banyak dari jumlah tersebut hanya untuk dapat memenuhi kebutuhan minimum.

Pada bulan Februari, Israel mengizinkan masuknya 2.874 truk, penurunan sebesar 44 persen dari bulan sebelumnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat