androidvodic.com

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-755, Vladimir Putin Sanjung Krimea: Kebanggaan Rusia Telah Kembali - News

News - Berikut ini rangkuman peristiwa yang terjadi dalam perang Rusia-Ukraina hari ke-755 pada Selasa (19/3/2024).

Dalam pidato kemenangan yang disampaikan oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin memuji kembalinya wilayah Ukraina yang dianeksasi ke Rusia.

"Bergandengan tangan, kami akan bergerak maju dan ini akan membuat kami lebih kuat. Hidup Rusia!," seru Putin kepada kerumunan orang yang menghadiri konser di Lapangan Merah, dikutip dari The Guardian.

Mereka berkumpul di sana untuk memperingati 10 tahun aneksasi Semenanjung Krimea dari Ukraina oleh Rusia.

Di kesempatan itu, Putin menyanjung Krimea.

Ia menyebut Krimea adalah kebanggaan Rusia dan Semenjanjung Laut Hitam telah kembali ke pelabuhan asalnya ketika Moskow mencaplok wilayah tersebut.

"Selama beberapa dekade, mereka membawa keyakinan pada tanah air mereka. Mereka tidak pernah memisahkan diri dari Rusia dan itulah yang memungkinkan Krimea kembali ke keluarga kita," lanjut Putin.

Dikutip dari Al Jazeera, berdasarkan hasil pemungutan suara yang diunggah pada Minggu (17/3/2024), Putin mencatat rekor kemenangan telak pasca-Soviet dalam pemilu, dengan mengantongi 87,8 persen suara.

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-755:

  • Seorang pejabat senior Ukraina menyebut gagasan Putin untuk menciptakan zona penyangga di dalam wilayah Ukraina merupakan indikasi jelas bahwa Moskow berencana untuk meningkatkan perang.

    Putin mengemukakan kemungkinan pembentukan zona penyangga dalam pidatonya setelah memenangkan pemilu pada hari Minggu (17/3/2024).

    Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari ke-754, Putin Klaim Menang Telak Amankan Jabatan ke-5 Sebagai Presiden

    Sebuah langkah yang menurut Kremlin akan menjadi satu-satunya cara untuk melindungi Rusia dari serangan Ukraina.

    “Ini… pernyataan nyata bahwa perang hanya akan meningkat,” kata asisten presiden Mykhailo Podolyak kepada Reuters.

  • Presiden Ukraina kembali meminta bantuan militer tambahan ke Amerika Serikat (AS) saat bertemu senator dari Partai Republik, Lindsey Graham pada Senin (18/3/2024).

    "Dukungan berkelanjutan terhadap Ukraina dari mitra internasional, terutama AS, kini menjadi lebih penting," katanya.



    Graham mengaku yakin bahwa paket bantuan yang diblokir oleh oposisi Partai Republik di Kongres AS akan segera disetujui.

    Namun ia menyerukan bantuan dalam bentuk pinjaman berbunga rendah dan dapat dikesampingkan.

    Dia dan anggota Partai Republik lainnya mendukung gagasan pinjaman, bukan hibah, bagi sekutu AS, sebuah rencana yang didukung oleh mantan Presiden Donald Trump, yang kemungkinan besar akan menjadi kandidat Partai Republik dalam pemilihan presiden tahun 2024.

  • Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan pada hari Senin (18/3/2024) mengucapkan selamat kepada Putin atas terpilihnya kembali Putin dan menawarkan untuk menjadi penengah antara Moskow dan Ukraina.

    Sementara itu, diplomat utama Turki, Hakan Fidan, juga mengecam retorika “berbahaya” yang datang dari Eropa dan Moskow.

    “Perang ini harus diakhiri,” kata Fidan dalam wawancara dengan CNN Turki yang disiarkan Senin (18/3/2024) malam.
  • Penembakan Ukraina menewaskan empat orang di dekat kota perbatasan Rusia Belgorod pada hari Senin (18/3/2024), sehingga jumlah total korban tewas di wilayah tersebut sejak pekan lalu menjadi 15 orang, kata pihak berwenang .

    “Empat orang tewas di desa Nikolskoe akibat serangan langsung terhadap sebuah rumah tinggal pribadi,” kata Gubernur Vyacheslav Gladkov.

(News, Andari Wulan Nugrahani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat