androidvodic.com

Reaksi Israel soal Kanada yang akan Setop Pasokan Senjata dan Amunisi - News

News - Pejabat Israel mengomentari keputusan pemerintah Kanada yang akan menghentikan ekspor senjata ke Israel.

Rencana itu melanjutkan proposal yang disahkan oleh House of Commons, meski tidak mengikat pemerintah Kanada.

“Sangat disayangkan bahwa pemerintah Kanada telah mengambil langkah yang melemahkan hak Israel untuk membela diri melawan Hamas,” kata Menteri Luar Negeri Pendudukan, Israel Katz, dalam tweet di media sosial X, Rabu (20/3/2024).

“Sejarah akan menilai tindakan Kanada saat ini dengan keras,” lanjutnya.

Ia mengulang kembali niat Israel untuk melanjutkan perang melawan Hamas di Jalur Gaza.

“Israel akan terus berperang sampai Hamas dihancurkan dan semua orang yang diculik dikembalikan ke rumah mereka,” tegasnya.

Sementara itu, pemimpin oposisi Israel, Yair Lapid, mengatakan Israel sedang menyaksikan keruntuhan hubungan luar negerinya, karena kehadiran pemerintah yang lalai, seperti yang ia katakan.

“Keputusan Kanada untuk menghentikan pasokan senjata ke Israel adalah salah dan berbahaya,” kata Yair Lapid, Rabu.

Ia mencatat bahwa Israel sedang melancarkan perang melawan Hamas dan mengklaim orang Kanada tidak mengerti apa yang sebenarnya terjadi di Jalur Gaza.

"Ini tidak mengubah fakta bahwa kita menyaksikan runtuhnya hubungan luar negeri Israel, karena pemerintah yang jahat dan lalai dalam menjalankannya dengan sangat buruk," lanjutnya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Kanada, Melanie Jolie, mengumumkan Kanada akan berhenti memasok senjata ke Israel, sehari setelah Dewan Perwakilan Rakyat Kanada menyerukan penghentian pengiriman senjata ke Israel.

Baca juga: Gelar Pemungutan Suara, Kanada Bakal Setop Ekspor Senjata ke Israel

Mayoritas perwakilan liberal memberikan suara mendukung resolusi di Parlemen, yang diusulkan oleh Partai Nasional Demokrat.

Beberapa kelompok Yahudi mengatakan resolusi tersebut melemahkan hak Israel untuk mempertahankan diri melawan Hamas.

Menurut media asing, Kanada mengekspor senjata ke Israel senilai 28,5 juta dolar Kanada dalam tiga bulan terakhir pada tahun 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat