androidvodic.com

Rusia Tangkap 11 Tersangka Serangan Teror: Aksi Kejar-kejaran Mobil hingga Perburuan di Hutan - News

Rusia Tangkap 11 Tersangka Serangan Teror: Aksi Kejar-kejaran Mobil hingga Perburuan di Hutan

News - Pihak keamanan Kremlin dalam sebuah pernyataan menyatakan 11 orang yang menjadi tersangka serangan teror, ditangkap Sabtu (23/11/2024).

Serangan teror yang dimkasud adalah penembakan massal dan pengeboman yang terjadi di sebuah konser musik di Moskow, Rusia, Jumat (22/3/2024).

Pada aksi penembakan orang-orang bersenjata yang mengenakan pakaian kamuflase melepaskan tembakan senjata otomatis ke arah penonton di gedung konser dekat Moskow, menewaskan lebih dari 60 orang dan melukai 145 lainnya.

Baca juga: Lembaga Analis AS: Putin Sudah Bersiap, Perang Besar-besaran Rusia-NATO Bakal Pecah Lebih Cepat

Organisasi teroris ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Menurut data intelijen Amerika Serikat, serangan itu didalangi oleh cabang dari kelompok ISIS yang ada di Afghanistan, yakni ISIS-K.

Dilansir Khaberni, Direktur Dinas Keamanan Federal Rusia sudah memberi tahu Presiden Rusia Vladimir Putin tentang penangkapan 11 tersangka setelah serangan teror di dekat Moskow tersebut.

Dari 11 tersangka yang ditangkap ini, 4 orang dinyatakan terlibat langsung penyerangan.

Kelompok ISIL(ISIS) mengaku bertanggung jawab atas serangan di Balai Kota Crocus Moskow, yang menewaskan sedikitnya 60 orang melukai lebih dari 145 lainnya.
Kelompok ISIL(ISIS) mengaku bertanggung jawab atas serangan di Balai Kota Crocus Moskow, yang menewaskan sedikitnya 60 orang melukai lebih dari 145 lainnya. (Tangkap Layar Twitter/X)

Kejar-kejaran Mobil

Seorang anggota Dewan Perwakilan Rusia, Alexander Khinshtein, mengatakan sebelumnya pada Sabtu kalau dua tersangka yang terlibat dalam melakukan serangan di dekat Moskow yang mengakibatkan kematian dan cedera ditangkap di wilayah Bryansk, Rusia.

Kedua tersangka ditangkap setelah melalui drama kejar-kejaran mobil.

Dia menambahkan, melalui Telegram, tersangka lainnya melarikan diri dengan berjalan kaki ke hutan terdekat.

Pihak berwenang Rusia kemudian memburu para tersangka ke hutan sebelum melumpuhkan mereka.

Mengutip The Straits Times, berikut informasi seputar ISIS-K dan motif kelompok itu menyerang Rusia.

Apa Itu ISIS-K?

Nama ISIS-Khorasan (ISIS-K) diambil dari istilah lama untuk wilayah yang mencakup sebagian Iran, Turkmenistan dan Afghanistan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat