androidvodic.com

Paus Fransiskus Basuh dan Cium Kaki 12 Tahanan Wanita saat Kamis Putih, Jelang Paskah - News

News - Paus Fransiskus (87) melakukan tradisi Kamis Putih dengan membasuh kaki dari 12 tahanan wanita di penjara Rebibia di Roma, Italia, pada Kamis (28/3/2024).

Paus Fransiskus muncul dalam sebuah video dengan duduk di kursi roda, setelah penyakit yang baru-baru ini ia derita memperburuk masalah motoriknya.

Tradisi yang disebut Pedelavium atau Pedilavium ini dilakukan untuk merayakan hari ketika Yesus Kristus membasuh kaki kedua belas rasulnya pada Perjamuan Terakhir sebelum penyalibannya.

Penjara Rebibia telah menyiapkan tempat yang sesuai dengan kebutuhan Paus, di mana para wanita tersebut duduk di kursi yang ditinggikan, yang memungkinkan Paus untuk bergerak dengan mudah dari kursi rodanya tanpa harus memaksakan diri.

Sebuah klip video yang diambil saat tradisi berlangsung menunjukkan Paus Fransiskus duduk dengan kendi emas kecil di tangannya dan nampan dengan warna yang sama di depannya.

Di depannya, para wanita duduk di atas meja, menjulurkan kaki mereka sehingga Paus Fransiskus dapat menuangkan air ke atasnya.

Kemudian, sang Paus mengeringkannya dengan lap putih dan mencium kaki setiap wanita itu.

Beberapa wanita dalam video tersebut menangis ketika Paus Fransiskus membasuh kaki mereka, mengeringkannya, lalu menciumnya.

“Masing-masing dari Anda memiliki kisahnya masing-masing tetapi Tuhan mendengarkan kami dengan tangan terbuka dan tidak pernah lelah untuk memaafkan,” ujar Paus Fransiskus, Kamis, seperti diberitakan CBS News.

Paus Fransiskus Menyapa Para Tahanan

Direktur penjara Rebibia, Nadia Fontana, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Paus Fransiskus yang berkunjung ke penjara wanita tersebut.

"Anda telah membawakan 'sinar matahari' kepada lembaga ini," kata Nadia Fontana.

Baca juga: Pesan Paus Fransiskus ke para Imam dan Klerikus: Hindari Sikap Munafik

Para narapidana memberi barang-barang, termasuk jubah liturgi, yang mereka buat di bengkel penjara untuk Paus Fransiskus.

Paus Fransiskus berdiri di tengah-tengah kebaktian dan kemudian, sambil duduk lalu menyapa para tahanan.

Paus Fransiskus juga tampak sehat dan kuat pada Kamis pagi pada misa di Basilika Santo Petrus, di mana ia membaca homili panjang dan bagian improvisasi dari homili tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat