androidvodic.com

Luncurkan UAV Kamikaze Hingga 1.000 KM di Rusia, Ukraina Hancurkan Pabrik Drone Shahed - News

News -- Sebuah drone kamikaze meledak di atas sebuah gedung, di kota Elabuga di Republik Tatarstan Rusia, Selasa (2/4/2024).

Dalam video di telegram yang beredar, terlihat sebuah drone mirip pesawat yang terbang menukik lalu menghantam bagian gedung dan langsung terjadi ledakan besar.

Russia Today mengabarkan setidaknya tujuh orang terluka dalam serangan pesawat tak berawak tersebut.

Baca juga: Intel Rusia: Washington Diduga Terlibat Teror Balai Kota Crocus, Kambing Hitamkan ISIS

Kantor berita Strana menyebutkan bahwa serangan tersebut merupakan operasi intelijen Ukraina.

"Ini adalah operasi Direktorat Intelijen Utama Kementerian Pertahanan Ukraina," demikian kantor berita asal Kiev Ukraina menuliskan.

Media tersebut mengutip RBC-Ukraina mengacu pada sumber di layanan khusus Direktorat Intelijen Utama Kementerian Pertahanan Ukraina.

Intelijen Ukraina mau mengoperasikan drone sejauh 1.000 kilometer karena ada target tertentu.

Jarak Tatarstan dengan Ukraina memang sekitar 1.000 kilometer, sedangkan jarak dengan Moskow sekitar 650 kilometer.

Dalam info intelijen tersebut juga diungkapkan bahwa sasaran drone bunuh diri tersebut adalah pabrik perakitan drone Shahedov.

Drone Shahed buatan Iran
Drone Shahed buatan Iran (Fakty.com.ua)

Shahedov adalah pabrik drone yang memproduksi drone Shahed dan Geran-2 yang selama ini serangannya sangat merugikan Ukraina.

Drone menyerang pabrik perakitan drone kamikaze "Shahed", yang oleh Rusia diberi label "Geran-2". Menurut publikasi, ini adalah operasi yang dilakukan oleh Direktorat Intelijen Utama.

Baca juga: Serangan Drone Israel Hantam Dua Pusat Bantuan di Lebanon, Lebih dari 12 Tewas Termasuk Paramedis

Sumber Strana juga mengatakan bahwa akibat penyerangan tersebut, kapasitas produksi perusahaan tersebut hancur secara signifikan.

Sebelumnya saluran Telegram Rusia melaporkan bahwa di Yelabuga kilang minyak Elaz-Nefteproduct dan wilayah zona ekonomi khusus Alabuga di luar kota, tempat produksi Shahedov diluncurkan, diserang.

Analis intelijen Amerika mengatakan bahwa pabrik produksi drone di Yelabuga dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap perang di Ukraina.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat