androidvodic.com

Gara-gara Israel Tewaskan 7 Pekerja Bantuan di Gaza, UEA Hentikan Inisiatif Koridor Laut - News

News - Uni Emirat Arab menghentikan keterlibatannya dalam koridor bantuan maritim ke Gaza sampai Israel menjamin keselamatan pekerja bantuan di wilayah tersebut, kata sumber yang dekat dengan pemerintah UEA kepada Axios.

Langkah ini diumumkan setelah tujuh pekerja kemanusiaan di organisasi nirlaba World Central Kitchen (WCK) tewas akibat serangan udara Israel di Gaza pada hari Senin (1/4/2024).

UEA adalah penyandang dana utama WCK yang menginisiasikan pengiriman makanan ke Gaza melalui jalur laut, yang dinamai Amalthea Initiative.

Sebagian besar koordinasi dengan pihak Israel untuk misi kemanusiaan di Gaza, ditangani oleh UEA.

UEA juga telah mengirimkan banyak pasokan ke Gaza melalui kapal dari Siprus selama beberapa minggu terakhir.

7 staf World Central Kitchen (WCK) tewas terkena serangan udara Israel

Pada hari Senin, tujuh anggota staf WCK milik koki José Andrés terbunuh oleh serangan udara Israel.

Kendaraan WCK saat itu sedang mengirimkan pasokan dari area pendaratan di pantai Gaza ke sebuah gudang di kota Dier al-Balah di tengah Gaza.

“Meski sudah melakukan koordinasi kedatangan mereka dengan IDF, konvoi WCK malah diserang saat meninggalkan gudang Deir al-Balah, tempat tim tersebut menurunkan lebih dari 100 ton bantuan makanan kemanusiaan yang dibawa ke Gaza melalui jalur maritim,” ujar CEO World Central Kitchen Erin kata Gore dalam pernyataannya Selasa (2/4/2-24) dini hari.

Organisasi tersebut mengatakan mereka menghentikan operasinya di daerah tersebut setelah serangan itu.

“Ini bukan hanya serangan terhadap WCK, ini adalah serangan terhadap organisasi kemanusiaan yang muncul dalam situasi paling mengerikan di mana makanan digunakan sebagai senjata perang,” tambah Gore.

Staf World Central Kitchen yang tewas dalam serangan Israel
Staf World Central Kitchen yang tewas dalam serangan Israel (X/WCKitchen)

UEA tunggu penyelidikan

Sumber yang dekat dengan pemerintah UEA mengatakan kepada Axios bahwa UEA menghentikan upaya kemanusiaannya melalui koridor maritim sembari menunggu penyelidikan penuh terhadap insiden itu.

Baca juga: Mengenal World Central Kitchen, Kelompok Bantuan yang Diserang Israel saat Salurkan Makanan ke Gaza

UEA juga menginginkan jaminan dari Israel mengenai keselamatan para pekerja kemanusiaan.

Kementerian Luar Negeri UEA mengutuk serangan Israel terhadap konvoi WCK.

“UEA menganggap Israel bertanggung jawab penuh atas insiden berbahaya ini, dan menyerukan penyelidikan yang mendesak, independen dan transparan, serta hukuman terhadap mereka yang telah melakukan kejahatan keji ini yang bertentangan dengan hukum humaniter internasional,” ungkap direktur komunikasi strategis di Kementerian Uni Emirat Arab, Afra al-Hameli, dalam sebuah pernyataan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat