androidvodic.com

Jenazah 6 Pekerja Bantuan Asing yang Tewas dalam Serangan Israel Dipulangkan dari Gaza - News

News - Jenazah enam pekerja bantuan asing yang tewas dalam serangkaian serangan Israel, diangkut keluar dari Jalur Gaza.

Pada Rabu (3/4/2024), jenazah pekerja World Central Kitchen (WCK) yang diangkut itu telah masuk ke Mesir sebelum dipulangkan.

Para pekerja yang tewas terdiri dari ketiga warga negara Inggris, seorang warga negara Polandia, seorang warga negara Australia, dan seorang warga negara ganda Kanada-Amerika.

Sopir Palestina mereka juga tewas, dan jenazahnya diserahkan kepada keluarganya untuk dimakamkan di Gaza.

Dilansir AP News, serangan mematikan ini memperbarui kritik terhadap perilaku Israel di masa perang dan menyoroti kondisi berbahaya yang dihadapi para pekerja bantuan dalam upaya mengirimkan makanan ke daerah kantong yang terkepung tersebut.

Mereka sedang mendistribusikan makanan yang dibawa ke Gaza melalui koridor maritim yang baru didirikan pada Senin (1/4/2024) malam.

Ketika itu, serangan udara Israel menargetkan tiga kendaraan mereka, menewaskan semua orang di dalamnya.

Israel mengatakan pihaknya melakukan serangan tersebut karena kesalahan dan telah meluncurkan penyelidikan independen mengenai penyebab kejadian itu.

Kata Pendiri WCK

Pendiri World Central Kitchen (WCK), José Andrés, telah menulis sebuah artikel yang diterbitkan dalam bahasa Inggris di New York Times dan dalam bahasa Ibrani di Yedioth Ahronoth.

Berikut beberapa pernyataannya sebagaimana dikutip dari The Guardian:

"Tujuh orang yang tewas dalam misi World Central Kitchen di Gaza pada hari Senin adalah orang-orang terbaik dalam kemanusiaan."

Baca juga: PM Australia Telepon Netanyahu, Marah Tak Terima Serangan Israel Tewaskan Warganya di Gaza

"Mereka bukannya tanpa wajah dan tanpa nama. Mereka bukanlah pekerja bantuan umum atau korban kerusakan akibat perang."

"Kami menyambut baik janji pemerintah untuk melakukan penyelidikan mengenai bagaimana dan mengapa anggota keluarga World Central Kitchen kami dibunuh. Investigasi tersebut perlu dimulai dari atas, bukan hanya dari bawah."

"(Serangan) adalah serangan langsung terhadap kendaraan yang diberi tanda jelas yang pergerakannya diketahui oleh Pasukan Pertahanan Israel. Hal ini juga merupakan akibat langsung dari kebijakan yang menekan bantuan kemanusiaan hingga ke tingkat yang sangat menyedihkan."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat