androidvodic.com

39 Pengurus Partai LDP Jepang Diskors akibat Skandal Korupsi, 2 di Antaranya Dikeluarkan dari Partai - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Sebanyak 39 pengurus Partai Demokrat Liberal (LDP) diskors lantaran terlibat kasus korupsi. Bentuk skors yang diberikan beragam, ada yang diskors selama setahun, bahkan ada yang dikeluarkan dari LDP.

Sementara dua politisi senior LDP, Shimomura dan Nishimura di skors selama setahun dari partainya akibat skandal uang belakang (uragane) korupsi yang terjadi di Jepang.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menyampaikan permintaan maafnya terkait hal ini.

"Saya dengan tulus meminta maaf karena menyebabkan banyak keraguan dan ketidakpercayaan politik yang serius," kata Kishida.

Baca juga: Kishida Sambut Kemenangan Besar Partai LDP, tapi Tak Tersenyum karena Ingat Kematian Shinzo Abe

Sementara itu mengenai fakta bahwa Kishida tidak dikenakan hukuman, dia mengatakan, "Saya harus mengambil tanggung jawab saya sebagai presiden partai dengan serius, dan saya berada dalam posisi untuk membiarkan rakyat dan anggota partai membuat keputusan akhir setelah melihat upaya reformasi politik."

Tim eksekutif LDP bermaksud untuk menggunakan hukuman skors untuk mempercepat pertimbangan revisi Undang-Undang Pengendalian Dana Politik, dan untuk melanjutkan diskusi mencegah terulangnya peristiwa serupa di masa depan.

Namun, selain kekhawatiran dari dalam partai bahwa "hukuman berat terbatas pada beberapa orang dan diragukan bahwa publik akan memahaminya," ada juga serangkaian ketidakpuasan dengan kriteria hukuman dan cara mereka ditentukan.

Politisi Shionoya, yang diminta untuk meninggalkan partai, mengatakan, "Ini adalah ide yang adil untuk hukuman dengan cara yang sama di setiap faksi, dan ada suara-suara yang terus-menerus mempertanyakan tanggung jawab Perdana Menteri Kishida, dan diperkirakan bahwa manajemen partai di masa depan akan terpengaruh."

Mantan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Shiotani, yang memimpin fraksi (mantan Sekretaris Jenderal Seko--keduanya dari fraksi Abe), yang merupakan kepala Dewan Penasihat, direkomendasikan untuk meninggalkan partai.

Dan mantan Ketua Riset Politik Shimomura serta mantan Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri Nishimura diskors dari partai selama satu tahun.

Mantan Ketua Komite Diet Takagi, yang menjabat sebagai sekretaris jenderal di faksi Abe, diskors dari keanggotaan partai selama enam bulan.

Baca juga: PM Jepang Fumio Kishida Memperkirakan Dana Darurat Bencana Noto Hanto Ishikawa Capai 1 Triliun Yen

Mantan Kepala Sekretaris Kabinet Matsuno, yang juga menjabat sebagai sekretaris jenderal, dan mantan Menteri Dalam Negeri dan Komunikasi Takeda, mantan Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri, Hayashi, dan mantan Menteri Rekonstruksi Hirasawa, yang menjabat sebagai sekretaris jenderal faksi Nikai, diskors dari jabatan partai selama satu tahun.

Selain itu, anggota parlemen yang memiliki lebih dari 20 juta yen dalam jumlah non-perwakilan selama lima tahun, seperti mantan ketua Komite Penelitian Urusan Politik, Hagiuda, diskors dari posisi partai mereka diskors selama satu tahun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat