androidvodic.com

Rusia Kurangi Produksi Jadi 9 Juta Barel Per Hari, Apa Kabar Harga Minyak Dunia? - News

Rusia Kurangi Produksi Jadi 9 Juta Barel Per Hari, Apa Kabar Kenaikan Harga Minyak Dunia?

News - Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak pekan ini mengumumkan niat Moskow untuk mengurangi produksi minyak menjadi sembilan juta barel per hari mulai Juni mendatang.

Novak mengatakan penurunan produksi minyak ini menjadi komitmen Rusia terhadap apa yang mereka janjikan di forum OPEC beberapa waktu lalu. 

"Sembilan juta barel per hari, ini adalah tingkat yang harus dicapai Rusia pada bulan Juni mendatang. Rusia akan mengurangi produksi dan ekspor minyak pada kuartal kedua rata-rata 3 bulan sebesar 471.000 barel per hari sebagai bagian dari OPEC+ sukarela komitmen."

Baca juga: Harga Minyak Dunia Kembali Naik, Brent Jadi 82,61 Dolar AS

Situasi Harga Minyak Dunia

Sehari setelah pengumuman Moskow, harga minyak naik tipis pada Kamis (4/4/2024) di tengah kekhawatiran berkurangnya pasokan.

Dilansir Kontan, Produsen utama mempertahankan pengurangan produksi dan tanda-tanda pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) yang lebih kuat di AS, konsumen minyak terbesar di dunia.

Melansir Reuters, harga minyak Brent untuk bulan Juni naik 4 sen menjadi US$89,39 per barel pada pukul 06.51 GMT.

Sedangkan, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk bulan Mei naik 2 sen menjadi US$85,45 per barel.

Pertemuan para menteri utama Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya (OPEC+) termasuk Rusia, mempertahankan kebijakan pasokan minyak tidak berubah pada Rabu dan menekan beberapa negara untuk meningkatkan kepatuhan terhadap pengurangan produksi.

Kelompok tersebut mengatakan beberapa anggota akan mengkompensasi kelebihan pasokan pada kuartal pertama. Ia juga mengatakan Rusia akan beralih ke produksi daripada membatasi ekspor.

Baik kontrak Brent bulan Juni maupun kontrak WTI bulan Mei telah meningkat selama empat hari terakhir dan ditutup pada hari Rabu pada level tertinggi sejak akhir Oktober.

Analis di ING mengatakan, harga minyak terus naik setelah pertemuan OPEC+ merekomendasikan tidak ada perubahan pada kebijakan produksi.

"Brent menghadapi beberapa resistensi di level US$90/bbl, dan sejauh ini tidak mampu menembus di atasnya," kata analis ING.

Juga pada hari Rabu, Ketua Federal Reserve Jerome Powell berhati-hati mengenai penurunan suku bunga di masa depan karena data terbaru menunjukkan pertumbuhan lapangan kerja dan inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan.

Komentar tersebut positif bagi minyak karena mengindikasikan pertumbuhan ekonomi AS yang solid, kata Rob Haworth, ahli strategi investasi senior di grup manajemen aset Bank AS.

Kenaikan harga minyak baru-baru ini terjadi setelah serangan Ukraina terhadap kilang Rusia yang mengurangi pasokan bahan bakar dan kekhawatiran bahwa perang Israel-Hamas di Gaza dapat meluas hingga mencakup Iran, sehingga mungkin mengganggu pasokan di kawasan utama Timur Tengah.

Iran telah bersumpah membalas dendam terhadap Israel atas serangan pada hari Senin yang menewaskan personel militer tingkat tinggi Iran. Iran adalah produsen terbesar ketiga di OPEC.

“Meskipun (keputusan OPEC+) ini sudah diperkirakan secara luas, hal ini memberikan jaminan bahwa meningkatnya ketegangan di Timur Tengah baru-baru ini tidak mengubah pandangan kelompok tersebut terhadap pasar,” kata analis ANZ dalam sebuah catatan pada hari Kamis.

(oln/jn/kntn/*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat