androidvodic.com

Menteri Iran Buka Konsulat Baru di Suriah Seminggu setelah Serangan Israel - News

News - Menteri Luar Negeri Iran meresmikan konsulat baru di Damaskus pada Senin (8/4/2024), seminggu setelah serangan mematikan Israel menghancurkan gedung konsulat sebelumnya, The New Arab melaporkan.

Iran, yang merupakan sekutu utama Suriah, berjanji untuk membalas serangan udara Senin (1/4/2024) lalu.

Serangan itu menewaskan tujuh anggota Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), termasuk dua jenderal Iran.

Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian meresmikan bagian konsulat baru di sebuah gedung di Damaskus.

Ia didampingi rekannya, Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad, yang juga ia temui pada Senin pagi, kata kantor berita SANA.

Seorang koresponden AFP pada peresmian tersebut mengatakan, konsulat baru itu terletak tidak jauh dari gedung yang hancur akibat serangan di kawasan kelas atas Mazzeh.

Kawasan itu juga menampung kedutaan asing dan kantor PBB lainnya.

Amirabdollahian juga dijadwalkan bertemu dengan Presiden Suriah Bashar Al-Assad.

Surat kabar pro-rezim Suriah Al-Watan mengatakan pembicaraannya di Damaskus akan berfokus pada dampak serangan minggu lalu.

Petugas darurat dan keamanan membersihkan mobil-mobil yang rusak dan puing-puing di lokasi serangan yang menghantam gedung kedutaan besar Iran di ibu kota Suriah, Damaskus, pada 1 April 2024. - Media pemerintah Suriah mengatakan serangan Israel menghantam gedung konsuler Iran di ibu kota pada Pada tanggal 1 April, sebuah lembaga pemantau perang melaporkan delapan orang tewas dan media pemerintah Iran mengatakan seorang komandan senior Korps Garda Revolusi Islam termasuk di antara korban tewas, di tengah meningkatnya ketegangan regional akibat perang Gaza. (Photo by LOUAI BESHARA / AFP)
Petugas darurat dan keamanan membersihkan mobil-mobil yang rusak dan puing-puing di lokasi serangan yang menghantam gedung kedutaan besar Iran di ibu kota Suriah, Damaskus, pada 1 April 2024. (AFP/LOUAI BESHARA)

Menteri Luar Negeri Iran memulai tur regional pada Minggu (7/4/2024) di Oman.

Oman yang telah lama menjadi mediator antara Iran dan Barat, berupaya menyerukan deeskalasi.

Baca juga: Amerika Serikat Tawarkan Negosiasi kepada Iran untuk Menghindari Serangan Balasan Terhadap Israel

Seorang penasihat pemimpin tertinggi Iran memperingatkan pada Minggu bahwa kedutaan besar Israel “tidak lagi aman” setelah serangan di Damaskus.

Para analis melihat serangan itu sebagai peningkatan kampanye Israel melawan Iran dan proksi-proksinya, yang berisiko memicu perang yang lebih luas di luar Jalur Gaza.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang memantau perang mengatakan 16 orang tewas dalam serangan konsulat tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat