androidvodic.com

Hari ke-188 Perang Israel-Hamas: 3 Putra Ismail Haniyeh Tewas Kena Serangan Israel di Gaza - News

News - Berikut ini rangkuman peristiwa yang terjadi dalam perang Israel-Hamas pada Kamis (11/4/2024).

Serangan Israel di Gaza utara pada hari Rabu (10/4/2024), menewaskan tiga putra pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, ketika Israel melanjutkan pemboman terhadap daerah kantong yang terkepung pada hari raya Idul Fitri .

Israel menuduh mereka adalah agen Hamas.

Menanggapi terbunuhnya anggota keluarganya, Haniyeh menuduh Tel Aviv bertindak dengan "semangat balas dendam".

Hari ke-188 Perang Israel-Hamas:

Perjuangan dan krisis kemanusiaan

  • Secara terpisah, Menteri Pertahanan Yoav Gallant mengatakan Israel berencana “membanjiri” Gaza dengan bantuan melalui penyeberangan baru dan pelabuhan di utara wilayah yang terkepung, Al Jazeera melaporkan.
  • Pasukan AS mengirimkan lebih banyak bantuan kemanusiaan ke Gaza utara pada hari Rabu (10/4/2024), menurut pernyataan dari Komando Pusat AS.

    “Pesawat C-130 AS menjatuhkan lebih dari 50.680 makanan setara AS ke Gaza Utara,” kata pernyataan itu.

Diplomasi dan ketegangan geopolitik

  • Di AS, Presiden Joe Biden menjanjikan dukungan “kuat” untuk Israel ketika Iran mengancam akan membalas serangan yang meratakan gedung konsulat Iran di Damaskus dan menewaskan dua jenderalnya.

    Baca juga: Hari Ke-187 Perang Israel-Hamas: Warga Palestina Rayakan Lebaran di Tengah Dengungan Drone di Langit

    Dalam postingan di X, Menteri Luar Negeri Israel Katz mengancam bahwa pasukan Israel akan menyerang Iran secara langsung jika Iran melancarkan serangan dari wilayahnya terhadap Israel.
  • Kantor berita Reuters melaporkan pada hari Kamis (11/4/2024) bahwa utusan AS untuk Timur Tengah, Brett McGurk, menelepon para Menteri Luar Negeri Arab Saudi, UEA, Qatar dan Irak, meminta mereka untuk menyampaikan pesan ke Iran untuk menghindari meningkatnya ketegangan dengan Israel.

    Iran menyalahkan Israel atas meningkatnya ketegangan.
  • Maskapai penerbangan Jerman Lufthansa mengatakan bahwa mereka telah menangguhkan penerbangan ke Teheran karena meningkatnya kekhawatiran akan kemungkinan konflik antara Iran dan Israel.

Kekerasan di Tepi Barat yang diduduki

  • Pada hari Kamis (11/4/2024), pasukan Israel dilaporkan melakukan penggerebekan di dua kota di Tepi Barat yang diduduki.
  • Seorang koresponden Al Jazeera mengatakan pasukan Israel memasuki kota Beit Ummar di utara Hebron pada Kamis dini hari.

    Mereka juga pergi ke Idhna, yang terletak di sebelah barat Hebron.

(News, Andari Wulan Nugrahani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat