androidvodic.com

Intel Amerika Sebut Serangan Iran ke Israel Sudah Dekat, Bisa Langsung atau Melalui Proksi-proksinya - News

News - Amerika percaya bahwa serangan Iran terhadap Israel sudah dekat, menurut laporan Bloomberg yang dirilis Rabu (10/4/2024), mengutip intelijen.

Eskalasi antara Israel dan Iran meningkat setelah Israel melancarkan serangan udara terhadap gedung konsulat Iran di Damaskus, Suriah  pada awal April lalu.

Serangan itu menewaskan komandan tinggi Iran dan pejabat IRGC lainnya.

Iran berjanji akan membalas dendam atas serangan itu.

Israel kini siaga menghadapi serangan balasan Iran itu.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) meningkatkan pertahanan udaranya, mengganggu GPS, dan membatalkan cuti prajurit di unit tempur.

Pembalasan Iran dapat berupa serangan rudal atau drone terhadap situs-situs pemerintah Israel, menurut Bloomberg.

Serangan itu bisa jadi datang dari Iran langsung atau dari proksi-proksinya.

Personel darurat dan keamanan berkumpul di lokasi kejadian setelah serangan terhadap komplek kedutaan Iran di ibu kota Suriah, Damaskus, pada hari Senin (1/4/2024).
Personel darurat dan keamanan berkumpul di lokasi kejadian setelah serangan terhadap komplek kedutaan Iran di ibu kota Suriah, Damaskus, pada hari Senin (1/4/2024). (AFP)

Ketika situasi semakin memburuk, maskapai penerbangan Lufthansa Jerman pada hari Rabu mengumumkan bahwa mereka membatalkan penerbangan ke dan dari Teheran karena situasi saat ini di Timur Tengah.

“Kami terus memantau situasi di Timur Tengah dan melakukan kontak dekat dengan pihak berwenang. Keselamatan penumpang dan awak kami adalah prioritas utama Lufthansa,” kata juru bicara Lufthansa, menurut Reuters.

Dukungan Amerika

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden mengatakan pada hari Rabu bahwa Iran mengancam melakukan serangan signifikan terhadap Israel.

Baca juga: Pesawat Jet Israel Mengebom Tentara Suriah Satu Minggu Setelah Membom Konsulat Iran

Tetapi Biden menambahkan dalam pidatonya bahwa komitmen Amerika Serikat terhadap Israel sangat kuat.

“Seperti yang saya sampaikan kepada Perdana Menteri Netanyahu, komitmen kami terhadap keamanan Israel terhadap ancaman dari Iran dan proksinya sangat kuat."

"Izinkan saya mengatakannya lagi, tegas. Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk melindungi keamanan Israel,” kata Biden.

Iran sebelumnya bergerak melalui proksi-proksinya

Beberapa bulan sebelumnya, para pejabat Iran mengisyaratkan keragu-raguan untuk memulai perang habis-habisan dengan Israel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat