androidvodic.com

Saudi, UEA, Singapura dan Malaysia Kompak Rayakan Idul Fitri 10 April, Brunei Kamis - News

Laporan Wartawan News Namira Yunia Lestanti

News, RIYADH –  Sejumlah negara seperti Saudi Arabia, Uni Emirat Arab (UEA), Singapura dan Malaysia serta Indonesia kompak merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah pada Rabu, 10 April 2024.

Berbeda dari negara-negara tersebut, Brunei Darussalam menetapkan Idul Fitri 1445 Hijriah jatuh pada Kamis hari ini, 11 April 2024.

Mahkamah Agung Arab Saudi menetapkan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H atau Lebaran 2024 jatuh pada Rabu (10/4/2024).

Penetapan 1 Syawal ini dirilis usai pihak Mahkamah Agung Arab Saudi melakukan pemantauan hilal, dalam keterangan resminya mereka mengatakan bahwa bulan sabit Syawal tidak terlihat pada Senin malam, Ramadhan 29.

Dari situ pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri pada tanggal 10 April. Rencananya Salat Id akan diadakan di seluruh Kerajaan pada Rabu besok, 15 menit setelah matahari terbit.

"Mahkamah Agung menetapkan besok (9 April) adalah hari terakhir Ramadhan dan Rabu (10 April) sebagai hari pertama Idul Fitri," kata Mahkamah Agung Arab Saudi dilansir dari Saudi Press Agency.

Daftar Negara yang Rayakan Idul Fitri 1445 H

1. UAE, 10 April 2024

Pemerintah Uni Emirat Arab mengkonfirmasi bahwa hari pertama Idul Fitri 2024 akan jatuh pada Rabu 10 April. Artinya, hari terakhir Ramadhan akan diperingati pada Selasa, 9 April, sebagaimana dikutip dari Gulfnews

Abdullah bin Sultan bin Awad Al Nuaimi, Menteri Kehakiman dan Ketua Komite, mengatakan penetapan tersebut dilakukan dengan menggunakan metode syariah yakni melihat hilal dan melakukan kontak yang diperlukan dengan negara-negara tetangga.

Menyusul yang lainnya, sejumlah negara Timur Tengah juga turut merayakan Idul Fitri pada Rabu, 10 April 2024. Negara tersebut diantaranya seperti Pakistan, Kuwait, Qatar, Bahrain, Irak, Palestina, Suriah, Mesir, Lebanon, Yaman.

2. Singapura, 10 April 2024

Majelis Ulama Islam Singapura (MUIS) juga mengumumkan bahwa Idul Fitri di Singapura jatuh pada Rabu, 10 April karena hilal Syawal telah terlihat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat