androidvodic.com

Catat Sejarah, Film Arab Saudi 'Norah' Berhasil Debut di Festival Film Cannes - News

News - Arab Saudi untuk pertama kalinya masuk dalam seleksi resmi Festival Film Cannes dengan film “Norah,” sebuah drama karya sutradara Tawfik al-Zaidi yang berlatar di Kerajaan pada tahun 1990-an.

Film ini akan memulai debut internasionalnya di bagian Un Sure Regard yang bergengsi di Cannes.

Debut Norah di Festival Film Cannes merupakan simbol industri film Arab Saudi telah berkembang pesat, menyusul pencabutan larangan bioskop selama 35 tahun pada tahun 2017.

Norah tayang perdana secara lokal di Festival Film Laut Merah di Jeddah Desember lalu

Dikutip dari Al Arabiya, film ini bercerita tentang seorang wanita muda yatim piatu yang buta huruf dan tinggal di sebuah desa terpencil di Arab Saudi.

Dia menghadapi perjodohan, merasa terjebak, dan mencari sumber ekspresi diri.

Diperankan oleh bintang Saudi yang sedang naik daun, Maria Bahrawi, Nora berkesempatan bertemu seorang seniman bernama Nader — diperankan oleh aktor Saudi Yaqoub al-Farhan — yang telah berhenti melukis dan pindah ke desa untuk menjadi guru sekolah.

Pertemuan mereka melepaskan hasrat Norah terhadap seni selama puncak konservatisme negara itu ketika segala bentuk seni dan lukisan dilarang.

Dikutip dari IMDb, Norah adalah kisah yang sangat menyentuh tentang dua belahan jiwa yang menemukan satu sama lain dan menemukan kekuatan kreatif yang mendorong dalam diri mereka.

Norah merupakan film Saudi pertama yang mengambil lokasi syuting di kota kuno AlUla.

Film ini telah memenangkan hadiah utama penghargaan pendanaan dari Kompetisi Film Daw Komisi Film Saudi.

Baca juga: Festival Sinema Prancis 2023 Angkat Tema Palme dOr, Penghargaan Tertinggi Festival Film Cannes

Kementerian Kebudayaan Arab Saudi meluncurkan inisiatif ini pada bulan September 2019 untuk mendukung produksi film Saudi dan mempromosikan generasi pembuat film berikutnya.

(News, Andari Wulan Nugrahani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat