androidvodic.com

Mengapa Arab Saudi dan Yordania Malah Bela Israel dan Turun Tangan Cegat Drone Iran? - News

News - Dua minggu setelah gedung Konsulat Iran di Damaskus, Suriah diserang Israel pada Senin (1/4/2024) kemarin, Teheran melancarkan serangan balasan, Sabtu (13/4/2024) dan Minggu (14/4/2024).

Salvo roket Iran menghujani seluruh kota di Israel, termasuk Tel Aviv selama lima jam.

Sebagian besar drone dan roket dicegat oleh Israel dan sekutunya.

Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) dan Inggris menembak jatuh drone yang ditembakkan Iran, Prancis juga diduga terlibat berpatroli di kawasan tersebut, meski tidak jelas apakah Paris menembak jatuh proyektil tersebut.

Masyarakat internasional riuh setelah Arab Saudi dan Yordania Ikut campur karena mencegat beberapa rudal Iran yang melintasi wilayah mereka.

Sikap Arab Saudi dan Yordania pun memicu pertanyaan, mengapa mereka malah membela Israel?

Alasan Arab Saudi dan Yordania Malah Bela Israel

Arab Saudi Memainkan Peran Tidak Langsung

Negara-negara Teluk, termasuk Arab Saudi sepertinya memainkan peran tidak langsung karena mereka mencegat drone dan rudal yang melintasi wilayahnya, The Economist melaporkan.

Beberapa kritikus, seperti penulis Haaretz, Anshel Pfeffer dan Mairav Zonszein dari International Crisis Group, dengan cepat merayakan keterlibatan Arab.

Mereka mengatakan hal ini membuktikan negara-negara Arab dan Israel dapat bekerja sama dan Israel tidak sendirian di Timur Tengah.

Baca juga: Profil Putra Mahkota Arab Saudi MBS dan Pemimpin Yordania Raja Abdullah II

"Serangan Iran juga menggalang dukungan internasional baru terhadap Israel, termasuk dari negara-egara Arab yang kritis terhadap serangan Gaza, namun malah mendukung respon militer Israel terhadap seranagn Iran," kata Direktur Program Timur Tengah dan Afrika Utara di Dewan Eropa tentang Hubungan Luar Negeri, Julien Barnes-Dacey.

Yordania Tunjukkan Tindakan Membela Diri, Akui Bukan Bantu Israel

Sementara itu, Yordania, yang sangat kritis terhadap perang Israel di Gaza juga kedapatan mencegat roket yang melintasi wilayah mereka.

Dalam pernyataan resminya, Yordania mengatakan pihaknya menghentikan drone Iran sebagai tindakan membela diri dan bukan untuk membantu Israel.

Drone-drone serangan pembalasan Iran ke Israel tampak dari situs Kubah Emas (Dome of Rock) di Yerusalem, Minggu (14/4/2024).
Drone-drone serangan pembalasan Iran ke Israel tampak dari situs Kubah Emas (Dome of Rock) di Yerusalem, Minggu (14/4/2024). (times of Israel)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat