androidvodic.com

Israel Dongkol ke China, Sentil Kemesraan Iran dan Tiongkok - News

Israel Dongkol ke China, Sentil Kemesraan Iran dan Tiongkok

News - Israel mengatakan pihaknya kecewa pada tanggapan Tiongkok terhadap serangan rudal dan pesawat tak berawak Iran ke negara pendudukan tersebut, akhir pekan kemarin.

Israel tadinya berharap kalau China akan mengutuk serangan Iran tersebut dan mendukung serangan balik Israel ke Teheran.

“Kami mengharapkan kecaman yang lebih keras dan pengakuan yang jelas atas hak Israel untuk membela diri,” kata Yuval Waks, wakil kepala misi Israel di Tiongkok pada konferensi pers pada Senin ketika ditanya apa tanggapan yang diharapkan dari kedutaan Israel dari China.

Baca juga: Sikap Rusia dan Turki Atas Serangan Iran ke Israel: Tak Ada Pernyataan Mengutuk, Zakharova: Rasain!

“Sayangnya, kami tidak melihat hal tersebut, itulah sebabnya kami tidak senang dengan pernyataan [dari Kementerian Luar Negeri Tiongkok],” kata Waks.

Pada Minggu, kementerian China hanya menyatakan “keprihatinan mendalam” mengenai risiko meningkatnya konflik dan menyerukan implementasi segera resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata di Gaza.

Pernyataan tersebut, yang menurut Israel “tidak sekuat yang diharapkan”, juga mendesak “negara-negara berpengaruh” yang tidak disebutkan namanya untuk memainkan peran konstruktif.

Serangan pada Sabtu, yang terjadi setelah serangan mematikan baru-baru ini terhadap kompleks kedutaan Iran di Suriah, merupakan serangan langsung pertama Republik Iran terhadap wilayah Israel dan telah meningkatkan kekhawatiran mengenai konflik regional yang lebih luas.

Baca juga: Video Rusia Turun Tangan Bekali Teheran Arhanud Canggih & Jet Sukhoi-35

Singgung Kemesraan Iran-Tiongkok

Amerika Serikat dan sekutunya mengutuk serangan itu, dan Presiden AS Joe Biden menjanjikan dukungan “kuat” untuk Israel.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Tiongkok pada Senin mengatakan utusan khusus Tiongkok untuk urusan Timur Tengah Zhai Jun telah bertemu Irit Ben-Abba, duta besar Israel.

Pernyataan itu mengatakan Zhai menyerukan gencatan senjata segera di Gaza namun tidak mengomentari kekhawatiran Israel atas aksi China tidak melontarkan kutukan atas serangan Iran.

Waks juga mengatakan kedutaan telah menghubungi pejabat Tiongkok di Beijing dan menyampaikan kekhawatiran Israel menyusul serangan Iran tersebut.

Waks juga menyentil kemesraan hubungan Tiongkok-Iran dalam berbagai bidang. Namun, dia menekankan kalau Iran merupakan motor dari apa yang Israel sebut sebagai kelompok-kelompok teror di kawasan Timur Tengah.

“Kami menyadari hubungan bilateral yang baik antara Tiongkok dan Iran, namun kami merasa perlu untuk mengungkapkan keprihatinan besar kami kepada Tiongkok mengenai peran negatif Iran di kawasan kami dan dukungannya terhadap kelompok teror”.

Rusia-China Sepakat, Serangan ke Israel adalah Hak Bela Diri Iran

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat