androidvodic.com

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-787: Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pembom Strategis Tu-22M3 Rusia - News

News - Berikut ini rangkuman peristiwa yang terjadi dalam perang Rusia-Ukraina hari ke-787 pada Sabtu (20/4/2024).

Ukraina menembak jatuh pesawat pembom strategis Tu-22M3 Rusia dari jarak 308 kilometer setelah ikut serta dalam serangan udara jarak jauh yang menewaskan delapan orang termasuk dua anak-anak di Dnipro.

"Saya hanya bisa mengatakan pesawat itu ditembak pada jarak 308 km, cukup jauh,” kata Kepala Badan Mata-mata Militer Ukraina, (GUR) Kyrylo Budanov.

Sebuah sumber intelijen mengatakan kepada Reuters bahwa pesawat itu dihantam dengan sistem rudal permukaan-ke-udara jarak jauh S-200 era Soviet yang dimodifikasi.

Rekaman media sosial yang belum dikonfirmasi menunjukkan sebuah pesawat tempur dengan ekor terbakar berputar ke arah tanah.

Kementerian Pertahanan Rusia mengkonfirmasi jatuhnya pesawat di wilayah Stavropol selatan Rusia.

Namun Moskow mengklaim bahwa kecelakaan tersebut diduga disebabkan oleh kerusakan teknis.

"Empat awak pesawat berhasil keluar dan satu tewas, dua berhasil diselamatkan, dan satu lagi hilang," kata gubernur regional Rusia.

Perang Rusia-Ukraian Hari Ke-787:

  • Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengunjungi lokasi serangan di Dnipro.

    Dalam kesempatan itu, ia sekali lagi meminta sekutu Ukraina untuk segera menambah pertahanan udara.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-786, Trump Tiba-tiba Sebut Kelangsungan Hidup Ukraina Penting Bagi AS

Zelensky mengatakan rudal Rusia juga menghantam pelabuhan Pivdennyi di Laut Hitam di wilayah selatan Odessa pada Jumat (19/4/2024) sore, menghancurkan fasilitas penyimpanan biji-bijian dan makanan di dalamnya.

  • Di AS, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) masih bergelut dengan paket bantuan asing yang mencakup $61 miliar untuk Ukraina.
  • Lebih dari separuh dana militer internasional sebesar £900 juta untuk Ukraina yang dijalankan oleh Kementerian Pertahanan Inggris belum digunakan karena tertunda urusan birokrasi.

(News, Andari Wulan Nugrahani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat