androidvodic.com

Irlandia dan Spanyol Desak Uni Eropa untuk Tinjau Kembali Hubungan Perdagangan dengan Israel - News

Irlandia dan Spanyol Desak Uni Eropa untuk Tinjau Kembali Hubungan Perdagangan dengan Israel

News- Irlandia dan Spanyol mendesak Uni Eropa untuk meninjau kembali hubungan perdagangan dengan Israel.

Menteri Luar Negeri Irlandia menyebut tindakan Israel di Gaza sebagai pelanggaran hukum kemanusiaan dan mengatakan gencatan senjata segera perlu dilakukan.

Menteri Luar Negeri Irlandia Micheal Martin menyebut tindakan Israel di Gaza “tidak proporsional,” dan menyampaikan kritik menjelang pertemuan dewan menteri luar negeri Uni Eropa pada 22 April.

“Kami percaya bahwa respons yang diberikan sangat tidak proporsional dan, dalam pandangan kami, merupakan pelanggaran hukum kemanusiaan dalam hal penghancuran Gaza dan juga dalam hal pembunuhan warga sipil, pria, wanita, dan anak-anak yang tidak bersalah,” kata Menteri Luar Negeri Irlandia dalam pidatonya menjelang pertemuan tersebut.

Martin juga mencatat bahwa Irlandia dan Spanyol akan terus mendorong penilaian ulang Perjanjian Asosiasi UE-Israel, yang terutama berfokus pada hubungan perdagangan dengan Israel.

Anggota dewan kecewa dengan seruan Irlandia dan Spanyol untuk melakukan peninjauan kembali, dan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan bahwa Komisi masih belum menjawab dua negara Eropa yang mengirimkan surat bersama yang meminta peninjauan kembali pada bulan Februari.

“Kami sudah mengantisipasinya,” kata Martin. “Tetapi modus operandi yang digunakan untuk melakukan peninjauan juga masih belum ditentukan.”

Menteri Luar Negeri Irlandia menambahkan, “Kami berpandangan di Irlandia bahwa hukum kemanusiaan telah dilanggar dan dilanggar berkali-kali saat ini, dan bahwa tingkat kematian warga sipil, perempuan dan anak-anak, cukup mengejutkan.”

Secara terpisah, ketika membahas agenda pertemuan tersebut, Martin mengatakan bahwa "saat ini sangat penting bagi kita untuk segera melakukan gencatan senjata [di Gaza], membebaskan semua sandera, dan kita bergerak serta mengalirkan bantuan kemanusiaan ke negara-negara tersebut. Gaza secepat mungkin dalam skala yang diperlukan untuk menghadapi situasi kelaparan.

Dia juga mencatat bahwa dia akan melakukan perjalanan ke Yordania dan Mesir, termasuk perbatasan Rafah.

Spanyol menyuarakan pendapatnya sebagai kritikus yang gigih atas tindakan Israel selama perang yang berlangsung hampir tujuh bulan di Gaza.

Sebelumnya pada bulan April, Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez menyatakan bahwa Madrid akan mengakui negara Palestina dan berharap negara-negara barat lainnya akan mengikuti jejaknya, dengan mengatakan, “Kita harus secara serius mempertimbangkan untuk melakukan hal tersebut pada paruh pertama tahun ini.”

Menteri Luar Negeri Spanyol, Jose Manuel Albares, menyampaikan pernyataan terpisah mengenai pengakuan negara Palestina.

Albares berkata, “Jika kita melihat jangka menengah dan panjang jika kita tidak melakukan sesuatu yang berbeda dari apa yang telah kita lakukan dalam dekade terakhir, kita akan melihat spiral kekerasan ini sekali lagi. Dan untuk mewujudkan hal tersebut… kita membutuhkan negara Palestina yang nyata dan berharga.”

Irlandia, Slovenia, dan Malta menyatakan mereka siap mengakui negara Palestina. Saat ini, hanya delapan dari 27 anggota UE yang mengakui Palestina sebagai sebuah negara: Polandia, Ceko, Slovakia, Swedia, Hongaria, Rumania, Bulgaria, dan Siprus.

(Sumber: The Cradle)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat