androidvodic.com

Artis-artis Irlandia Mendesak Eurovision Song Contest Coret Israel, Tak Mau Kontes Bareng Penindas - News

Artis-artis Irlandia Mendesak Eurovision Song Contest 2024 untuk Memboikot Israel

News- Sejumlah Artis Irlandia mendesak Eurovision Song Contest 2024 untuk memboikot Israel.

Kontes Lagu Eurovision 2024 adalah Kontes Lagu Eurovision edisi ke-68. Dijadwalkan berlangsung di Malmo , Swedia pada 7 dan 9 Mei, dan final pada 11 Mei 2024.

Tiga puluh tujuh negara akan berpartisipasi dalam kontes ini, salah satu yang menjadi kontroversi adalah keikutsertaan artis-artis Israel.

Dimasukkannya Israel di antara peserta dalam konteks perang Israel-Hamas yang sedang berlangsung telah mendapat kritik keras, protes dan petisi yang menyerukan penghapusan perang tersebut, dan telah mendorong penyelenggara untuk memperkuat langkah-langkah keamanan yang ada untuk acara tersebut.

Ratusan artis Irlandia mendesak peserta Eurovision Irlandia pada hari Senin untuk berada di “sisi kanan sejarah” dengan memboikot kontes lagu tersebut karena partisipasi beberapa artis Israel dalam acara tersebut di Swedia bulan depan.

“Kami meminta Anda mundur dari Eurovision 2024, untuk mengindahkan seruan Palestina agar memboikot kompetisi tersebut karena partisipasi Israel,” bunyi surat yang ditandatangani lebih dari 400 seniman Irlandia.

“Dengan berpartisipasi dalam Eurovision Anda akan berdiri bersama penindas,” katanya.

Baca juga: Tubuh Tentara Israel Ikut Meledak Usai Tendang Tiang Bendera Palestina yang Dipasang Ranjau Jebakan

Surat itu menunjuk pada artis dan musisi Irlandia seperti grup rap berbahasa Irlandia, Kneecap, yang menarik diri dari Festival Musik SXSW di Amerika Serikat bulan lalu sebagai protes atas sponsor militer AS pada acara tersebut.

“Anda memiliki kesempatan untuk berada di pihak yang benar dalam sejarah dan dikenang sebagai seniman yang berhati nurani, yang, di masa genosida, memilih untuk tidak melakukan kejahatan, untuk benar-benar membela kaum tertindas,” kata surat itu.

Biasanya dikaitkan dengan berlian imitasi dan kitsch, Eurovision tahun ini telah menjadi acara yang lebih kontroversial ketika perang di Gaza memasuki bulan ketujuh, dengan kritik yang menyerukan agar Israel dilarang berkompetisi oleh penyelenggara, European Broadcasting Union dan lembaga penyiaran publik Swedia SVT. .

“Saya mendukung siapa pun yang melakukan boikot. Saya pikir jika saya tidak ikut kompetisi, saya juga akan memboikot,” kata Bambie Thug, peserta dari Irlandia, dalam sebuah acara bincang-bincang pada hari Jumat.

“Pada akhirnya, tanpa kelompok kami yang pro-Palestina, persaingan bagi pihak lain [Israel] untuk menang akan berkurang dan solidaritas di sana akan berkurang,” kata pria berusia 31 tahun yang berasal dari Israel. Sumbat.

Peserta Irlandia akan menghadapi rekan-rekan dari Ukraina, Siprus, Polandia, Serbia, Lithuania, Kroasia, Slovenia, Islandia, Finlandia, Portugal, Luksemburg, Australia dan Moldova di semifinal pertama dari dua semifinal pada 7 Mei. Final berlangsung di Malmo pada 11 Mei.


Seruan Boikot Israel

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat