androidvodic.com

Menlu Retno Marsudi Temui PM Vietnam Bahas Realisasi Kerja Sama Ketahanan Pangan - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Indonesia, Retno Marsudi melakukan kunjungan kerja ke Hanoi, Vietnam pada 23-24 April 2024. Salah satu kegiatannya adalah melakukan kunjungan kehormatan kepada Perdana Menteri (PM) Vietnam Pham Minh Chinh, di Hanoi, Vietnam.

Dalam pertemuan itu, Retno membahas sejumlah hal. Diantaranya Indonesia dan Vietnam sepakat untuk meningkatkan target perdagangan sebesar 18 miliar dolar AS atau lebih pada tahun 2028.

Kemudian Indonesia juga mengajak Vietnam memulai kerja sama ketahanan pangan.

“Oleh karena itu pembahasan perjanjian kerja sama ketahanan pangan harus segera dimulai,” kata Retno dalam keterangan rilisnya, Kamis (25/4/2024).

Baca juga: Pengamat Militer: Skenario Terburuk Konflik Iran-Israel Adalah Terjadinya Perang Adidaya

Selain dua hal itu, Retno juga menegaskan kembali soal komitmen Indonesia terhadap penguatan kerja sama ASEAN, termasuk penyiapan Visi ASEAN 2045.

Sebelum pertemuan dengan PM Vietnam, Retno mengawali kegiatan di Hanoi dengan menghadiri kegiatan ASEAN Future Forum 2024. 

Forum ini merupakan wadah pertukaran pandangan dan ide mengenai masa depan ASEAN dalam bentuk track 1.5 dengan melibatkan wakil dari pemerintah, pakar, akademisi, praktisi dan pengusaha.

Dalam forum bertema ‘Toward fast and sustainable growth of a people-centred community’ ada dua kepala pemerintahan yang hadir, yakni PM Vietnam dan PM Laos Sonexay Siphandone sebagai ketua ASEAN.

Baca juga: Konflik Timur Tengah Memanas, Pemerintah Mau Blusukan Cari Minyak ke Afrika hingga Amerika Latin

Sementara itu PM Malaysia Anwar Ibrahim sebagai next chair, dan Sekjen PBB menyampaikan sambutan lewat pesan video.

Dalam kesempatan itu Retno yang mewakili Indonesia diundang sebagai pembicara utama dalam sesi kedua bertema ‘Ensuring comprehensive security for a people-centered ASEAN Community’.

Sedangkan kegiatan terakhir Retno di Hanoi adalah memimpin Joint Commission on Bilateral Cooperation (JCBC) ke-5 Indonesia dan Vietnam. Pelaksanaan JCBC sebelumnya digelar di Jakarta pada tahun 2022. Kemitraan strategis Vietnam - Indonesia ini sudah terjalin sejak tahun 2013.

“Selain isu bilateral, pertemuan juga membahas isu kawasan dan juga dunia. Secara garis besar, kedua negara sepakat untuk terus bekerja sama dalam memelihara perdamaian, stabilitas dan kemakmuran Asia Tenggara dan Indo Pasifik,” ungkap Retno.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat