androidvodic.com

Tak Mau Perangi Israel, Iran Ngaku Tetap Siaga: Kami Bisa Luncurkan Rudal jika Terancam - News

News - Komandan Angkatan Darat Iran, Mayor Jenderal Abdolrahim Mousavi, mengatakan Iran tidak ingin berperang dengan Israel karena berpotensi meningkatkan ketegangan di kawasan itu.

"Republik Islam Iran tidak bermaksud untuk memperluas perang," kata Mousavi dalam kunjungannya ke pusat komando dan kendali operasi Angkatan Darat di Provinsi Kohgiluyeh dan Boyer-Ahmad, Kamis (25/4/2024).

Namun, ia memastikan Iran selalu siaga dan waspada dalam menghadapi ancaman.

Iran tidak akan menahan diri jika Israel kembali menyerang wilayahnya.

"Kami bisa meluncurkan rudal di mana saja di wilayah pendudukan (Israel) jika diperlukan," ujarnya.

Pernyataannya merujuk pada memanasnya hubungan Iran dan Israel setelah Israel menyerang konsulat Iran di Damaskus, Suriah, pada 1 April lalu.

Serangan itu menewaskan tujuh anggota IRGC termasuk Komandan Pasukan Quds elit Iran, Brigjen Mohammad Reza Zahedi.

Iran membalasnya dengan Operasi Janji Sejati, yang meluncurkan 300 rudal dan drone ke situs militer Israel pada 13 April, yang sebagian besar dilumpuhkan oleh jet dan pertahanan AS, Inggris, Prancis, dan Yordania.

Setelah serangan balasan tersebut, Iran mengancam dapat menyerang Israel dengan lebih cepat dan kuat jika Israel menyerang Iran lagi.

"Tanggapan Iran adalah tindakan pertahanan yang sah terhadap tindakan tidak sah dari rezim Zionis yang membunuh anak-anak," tegas Mayjen Iran, Abdolrahim Mousavi, dikutip dari RFERL.

Ia mengatakan Iran hanya menargetkan fasilitas militer Israel, sementara Zionis Israel membunuh anak-anak dan warga sipil yang tidak bersalah di Jalur Gaza dengan tindakan barbar.

Baca juga: Iran Kena Sanksi AS Gara-gara Balas Serangan Israel, Industri Drone Iran Masuk Daftar Hitam

Iran Bisa Hapus Israel jika Diserang Lagi

Setelah Iran meluncurkan Operasi Janji Sejati, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menunda invasi ke Rafah di Jalur Gaza selatan, tempat 1,5 juta warga Palestina mengungsi.

Sementara itu, Presiden Iran, Ebrahim Raisi, memuji ketabahan warga Palestina dan kelompok perlawanan Palestina yang berada di Jalur Gaza.

Ebrahim Raisi berjanji untuk terus dengan hormat mendukung perlawanan Palestina.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat