androidvodic.com

Jaksa ICC Bersuara setelah Diancam Netanyahu: Upaya Menghalangi, Intimidasi Harus Segera Dihentikan - News

News - Jaksa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC), Karim Khan memperingatkan bahwa independensi dan ketidakberpihakan ICC akan rusak jika individu mengancam akan melakukan pembalasan.

Dilansir The New Arab, komentar tersebut jelas merujuk pada klaim Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, bahwa surat perintah penangkapan yang dikeluarkan terhadapnya adalah kejahatan kebencian antisemit.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh ICC di X, Jumat (3/5/2024), Karim Khan mengatakan bahwa ancaman semacam itu, bahkan ketika tidak ditindaklanjuti, bisa jadi merupakan pelanggaran terhadap penyelenggaraan peradilan berdasarkan Pasal 70 Statuta Roma.

"Kami menegaskan bahwa semua upaya untuk menghalangi, mengintimidasi, atau memengaruhi pejabatnya secara tidak pantas harus segera dihentikan,” tambah pernyataan itu.

Pernyataan ini muncul setelah ada kabar bahwa ICC sedang mempertimbangkan untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Netanyahu dan pejabat tinggi Israel lainnya karena aksi mereka selama perang tanpa pandang bulu di Gaza.

Pada hari Kamis (2/5/2024), Netanyahu mengancam akan membalas setiap surat perintah penangkapan dengan mengambil langkah-langkah yang dapat menyebabkan runtuhnya Otoritas Palestina.

Jaksa ICC Karim Khan saat memberi pengarahan kepada Dewan Keamanan PBB tentang Situasi di Libya, Mei 2023
Jaksa ICC Karim Khan saat memberi pengarahan kepada Dewan Keamanan PBB tentang Situasi di Libya, Mei 2023 (UN Photo/Eskinder Debebe)

ICC sebenarnya telah menyelidiki potensi kejahatan perang Israel sejak tahun 2014.

Namun meningkatnya jumlah korban tewas dan skala kehancuran akibat perang Israel di Gaza saat ini, diduga telah memaksa ICC untuk mengambil tindakan segera.

Sejak kabar surat perintah penangkapan mungkin akan dikeluarkan, ICC mendapat tekanan berat dari Israel dan Amerika Serikat.

Netanyahu melobi sekutunya dari Partai Demokrat dan Republik di Kongres AS untuk bertemu dengan ICC dan menghentikan surat perintah penangkapan tersebut.

Selain itu, Ketua DPR AS dari Partai Republik Mike Johnson melancarkan kritik terhadap ICC, dan menyebutnya surat penangkapan itu sebagai hal yang memalukan dan melanggar hukum.

Baca juga: Mengapa Israel dan Sekutunya Keder Diseret ke ICC? Ini Penjelasannya

Netanyahu Meminta Bantuan Keluarga Sandera agar Melobby ICC

Berbagai cara dilakukan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, agar Mahkamah Pidana Internasional atau ICC tidak mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadapnya.

Selain meminta bantuan Amerika Serikat dan sekutunya, Netanyahu juga meminta tolong kepada keluarga sandera Israel yang berada di Gaza.

Menurut laporan dari media Israel News 12 yang dikutip Middle East Eye, Netanyahu ingin para keluarga sandera melobby International Criminal Court (ICC) demi dirinya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat