androidvodic.com

Tak Takut Gertakan Barat, Vladimir Putin Perintahkan Latihan Nuklir Taktis ke Perbatasan Ukraina - News

News - Presiden Rusia Vladimir Putin mengekspresikan ketidaksukaannya pada gertakan negara-negara Barat, Amerika Serikat dan sekutunya yang menekan Rusia, terkait konflik antara Rusia dengan Ukraina saat ini.

Vladimir Putin membalas hal tersebut dengan memerintahkan militer Rusia menggelar latihan nuklir taktis cepat di Distrik Militer Selatan, yang berbatasan dengan Ukraina, Senin kemarin 6 Mei 2024.

Perintah ini menjadi pesan tegas dan jelas ke negara-negara Barat apa konsekuensi yang akan terjadi jika Barat terus ikut campur tangan memberi dukungan ke Ukraina.

Perintah menggelar latihan nuklir taktis cepat ini dimaksudkan sebagai peringatan kepada AS dan sekutunya agar tidak melibatkan diri dalam konflik di Ukraina lebih jauh.

Pesan ini disampaikan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pertahanan Rusia.

Meskipun negara-negara Barat telah berulang kali menuduh Rusia melancarkan ancaman nuklir, doktrin nuklir Moskow telah dijabarkan pada Juli 2020 dan tetap tidak berubah, demikian pernyataan Kremlin berulang kali.

Latihan nuklir taktis ini menurut Moskow untuk menyempurnakan “aspek praktis dari persiapan dan penyebaran senjata nuklir non-strategis.”

Selain itu juga untuk memperkuat kesiapan peralatan dan personel, “untuk menjamin integritas dan kedaulatan Rusia,” kata Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Senin.

Latihan tersebut akan berlangsung di Distrik Militer Selatan yang berbatasan langsung dengan Ukraina.

Berkantor pusat di Rostov-on-Don, ini adalah distrik militer terkecil di Rusia, dan mencakup Krimea, Kaukasus, wilayah Rostov, Volgograd dan Krasnodar, serta Republik Rakyat Donetsk (DPR) yang baru diakui, Republik Rakyat Lugansk ( LPR), Wilayah Kherson dan Zaporozhye.

Hulu ledak dengan hasil yang diukur dalam kiloton TNT – seperti senjata yang digunakan AS terhadap kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang pada bulan April 1945 – kini dianggap sebagai senjata nuklir taktis.

Mereka dimaksudkan untuk digunakan terhadap target medan perang, baik formasi lapangan atau posisi tempur yang diperkeras.

Baca juga: Inggris Sudah Ngeper Duluan Hadapi Rusia: Tolak Kirim Pasukan NATO ke Ukraina, Membahayakan!

Hulu ledak nuklir taktis dengan hasil 5-50 kiloton dapat dipasang pada rudal balistik 9M723-1 atau rudal jelajah 9M728, keduanya ditembakkan dari kompleks Iskander-M.

Hulu ledak serupa dapat dibawa oleh rudal jelajah Kh-47M2 Kinzhal dan rudal jelajah Kh-32 yang dibawa oleh pesawat pengebom Rusia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat