androidvodic.com

Netanyahu Tolak Tawaran Gencatan Senjata di Gaza, dengan Mengatakan Sangat Jauh dari Tuntutan Israel - News

Netanyahu Tolak Tawaran Gencatan Senjata di Gaza, dengan Mengatakan Sangat Jauh dari Tuntutan Israel

News- Netanyahu menolak tawaran gencatan senjata di Gaza, dengan mengatakan 'sangat jauh' dari tuntutan Israel

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, pada hari Selasa secara terbuka menolak proposal gencatan senjata Gaza yang diterima oleh Hamas, Anadolu Agency melaporkan.

Kelompok Palestina mengatakan, Senin malam, bahwa mereka telah menerima usulan gencatan senjata yang diajukan oleh Qatar dan Mesir.

“Israel tidak dapat menerima proposal yang membahayakan keselamatan warga negara kami dan masa depan negara kami,” kata Netanyahu melalui pesan video.

Dia mengklaim bahwa “usulan Hamas” dimaksudkan “untuk menyabotase masuknya pasukan kami ke Rafah.”

“Hal itu tidak terjadi,” katanya, seraya menegaskan bahwa usulan tersebut “sangat jauh dari tuntutan penting Israel.”

“Dalam beberapa jam, pasukan kami mengibarkan bendera Israel di Penyeberangan Rafah dan menurunkan bendera Hamas,” kata Netanyahu. “Kami telah membuktikan bahwa tekanan militer terhadap Hamas merupakan syarat yang diperlukan untuk kembalinya sandera kami.”

Tentara Israel mengatakan pada hari Selasa bahwa brigade lapis baja ke-401 telah menguasai penyeberangan Rafah sisi Palestina di Gaza selatan.

Perlintasan perbatasan Rafah adalah jalur penting bagi bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza, yang telah dikepung Israel sejak 7 Oktober lalu dan menyebabkan penduduk di wilayah tersebut berada di ambang kelaparan.

Pada hari Senin, pasukan Israel mengeluarkan perintah evakuasi bagi warga Palestina di Rafah timur, sebuah langkah yang secara luas dipandang sebagai awal dari serangan Israel yang telah lama dikhawatirkan terhadap kota tersebut, yang merupakan rumah bagi sekitar 1,5 juta pengungsi Palestina.

Israel telah menggempur Jalur Gaza sebagai pembalasan atas serangan Hamas pada 7 Oktober, yang menewaskan sekitar 1.200 orang. Hampir 34.800 warga Palestina telah terbunuh di Gaza, sebagian besar di antaranya adalah perempuan dan anak-anak, dan 78.100 lainnya terluka, menurut Otoritas Kesehatan Palestina.

Namun, sejak saat itu, Haaretz mengungkap bahwa helikopter dan tank tentara Israel, pada kenyataannya, telah membunuh banyak dari 1.139 tentara dan warga sipil yang diklaim oleh Israel telah dibunuh oleh Perlawanan Palestina.

Tujuh bulan setelah perang Israel, sebagian besar wilayah Gaza hancur, mendorong 85 persen penduduk daerah kantong tersebut mengungsi di tengah blokade makanan, air bersih dan obat-obatan yang melumpuhkan, menurut PBB.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional (ICJ) yang, pada bulan Januari, mengeluarkan keputusan sementara yang memerintahkan negara tersebut untuk menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.

(Sumber: Middle East Monitor)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat