androidvodic.com

Irak Serang Israel Pakai Drone Sejauh Jarak Bandung-Denpasar, Sekutu Militan Iran Kompak Bergerak  - News

News - Kelompok militan mengatasnamakan Perlawanan Islam di Irak (IRI) melaporkan pada Jumat (10/5/2024) pagi telah menargetkan dua lokasi di Kota Eilat, Israel.

Jika dihitung, jarak dari pusat Irak ke Kota Eilat sejauh sekitar 1.100 kilometer, atau sebanding dengan jarak dari Bandung ke Denpasar.

Dalam pernyataan terpisah, kelompok perlawanan mengindikasikan telah menargetkan situs militer Israel di Umm al-Rashrash (Eilat), dan target penting di kota yang sama dengan drone, dikutip dari The National News.

Sebelumnya pada Kamis (9/5/2024), IRI mengumumkan penargetan pangkalan “Nevatim” Israel di Beersheba.

Sebuah pernyataan dari militan tersebut mengkonfirmasi, “para pejuangnya menargetkan pangkalan Zionis Nevatim di Beersheba di tanah yang diduduki dengan menggunakan drone.”

IRI umumnya mengacu pada sekutu militer Teheran di Irak, seperti Kata'ib Hezbollah dan Harakat Al-Nujabaa, dan merupakan bagian dari "Poros Perlawanan" bersama Hizbullah Lebanon, Ansarallah Yaman (Houthi), dan faksi lain yang didukung Iran.

Semua kelompok dalam Poros telah menyatakan bahwa serangan mereka akan terus berlanjut sampai gencatan senjata tercapai di Jalur Gaza, di mana tindakan Israel telah mengakibatkan kematian lebih dari 35.000 warga Palestina dan melukai lebih dari 78.000 orang, sebagian besar adalah anak-anak dan perempuan.

Pada hari Kamis, Perlawanan Islam di Irak (IRI) mengumumkan penargetan pangkalan "Nevatim" Israel, 15 km timur-tenggara Beersheba, dengan drone.

Sebuah pernyataan dari Perlawanan, yang diperoleh Kantor Berita Shafaq, menyatakan bahwa "para pejuangnya menargetkan pangkalan Zionis Nevatim di Beersheba di tanah kami yang diduduki Kamis pagi dengan menggunakan pesawat tak berawak."

Pernyataan itu tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai jumlah kerusakan atau korban jiwa.

Israel tidak mengomentari insiden tersebut.

Baca juga: Kritis! Bahan Bakar Rumah Sakit Martir Al-Aqsa Menipis, Cukup Buat Bertahan 48 Jam

Selasa lalu, IRI menyerang "target vital Israel" di Eilat (Umm al-Rashrash.)

Sejak dimulainya perang Israel di Gaza, IRI secara teratur menyerang kepentingan AS di Irak dan Suriah serta situs Israel di Palestina.

Istilah IRI umumnya merujuk pada sekutu militer Teheran di Irak, termasuk kelompok kuat seperti Kataeb Hezbollah dan Harakat Al-Nujabaa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat