androidvodic.com

Rusia Merajalela, Ukraina Tarik Pasukan dari Sejumlah Lokasi di Kharkiv - News

News -- Militer Ukraina mengakui telah menarik mundur pasukannya dari sejumlah lokasi di utara Kharkiv.

Unit Hostri Kartuzy (Peaky Blinders) Pasukan Pertahanan Ukraina melaporkan bahwa pemukiman-pemukiman di utara Kharkiv telah di bawah kendali pasukan Vladimir Putin.

Peaky Blinders terpaksa meninggalkan Kharkiv utara karena tentara Rusia telah merajalela dan melakukan serangan tanpa henti pada Sabtu (11/5/2024) malam.

Baca juga: Rusia Serang Gudang Amunisi Ukraina di Kharkov, 5 Drone yang Diluncurkan Tengah Malam Rontok!

Unit Hostri Kartuzy merupakan bagian dari detasemen Pasukan Khusus terpisah Omega dari Garda Nasional Ukraina.

Pada Sabtu malam, Hostri Kartuzy melaporkan bahwa karena serangan besar-besaran oleh Rusia, para pembela Ukraina harus mundur dari posisi tertentu.

“Pada pukul 14.00 (waktu Kyiv), perjuangan untuk pemukiman penting yang strategis di Hlyboke dimulai.

Serdadu Rusia banyak yang mati, namun mereka tetap terus maju dan berhasil menguasai beberapa bidang. Malam ini akan sulit,” kata laporan itu.

“Hari ini, selama pertempuran sengit, para pembela kami terpaksa mundur dari beberapa posisi mereka, dan hari ini, pemukiman lain telah sepenuhnya berada di bawah kendali Rusia. Hingga pukul 20:00, pertempuran untuk desa Hlyboke masih berlangsung,” kata kata para pejuang Ukraina dalam video tersebut.

Proyek DeepState melaporkan bahwa dalam salah satu video yang direkam oleh unit Hostri Kartuzy, konvoi infanteri Rusia terlihat bergerak ke selatan desa Morokhovets.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari ke-808: Rusia Siapkan Serangan Besar ke Kharkiv

DeepState juga melaporkan bahwa drone telah melihat kendaraan Rusia di bagian selatan desa Ohirtseve, dekat Vovchansk, yang menunjukkan bahwa Rusia sedang bergerak maju.

Pada malam 11-12 Mei, DeepState menambahkan bahwa Rusia maju ke pemukiman Krasnohorivka dan dekat Volodymyrivka dan merebut Pylne, Krasne, Borysivka, Ohirtseve, dan Pletenivka.

Analisis ISW

Sementara itu Institut Studi Perang (ISW) asal Amerika Serikat melaporkan bahwa Rusia mempunyai beberapa tujuan dalam serangan mereka di Kharkiv.

Rusia menginginkan menarik pasukan Ukraina menjauh dari daerah lain, untuk mencapai jangkauan tembakan artileri ke Kharkiv, untuk menciptakan "zona penyangga" untuk melindungi Belgorod, dan untuk membatasi operasi serangan balasan Ukraina di wilayah tersebut.

Rincian: Analisis ISW menunjukkan bahwa pasukan Rusia melakukan operasi ofensif yang relatif terbatas di sepanjang perbatasan Rusia-Ukraina di utara Kharkiv dan terus memperoleh keuntungan yang signifikan secara taktis di wilayah yang mungkin kurang dapat dipertahankan.

Pasukan Rusia baru saja merebut lima desa di perbatasan di wilayah Kharkiv, Ukraina pada Sabtu (11/5/2024).
Pasukan Rusia baru saja merebut lima desa di perbatasan di wilayah Kharkiv, Ukraina pada Sabtu (11/5/2024). (Tangkap Layar Twitter/X)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat