androidvodic.com

Warga India yang Bekerja di PBB Ditembak Mati Tentara IDF, Apakah India akan Berani Mengecam Israel? - News

Warga Negara India yang Bekerja di PBB Ditembak Mati Israel, Apakah India akan Berani Mengecam Israel?

News- Waibhav Anil Kale, seorang staf PBB yang tewas ditembak mati Israel adalah seorang warga negara India, dia adalah mantan perwira India berpangkat Kolonel yang bertugas sebagai staf di PBB.

Anggota parlemen Kongres Trinamool Saket Gokhale pada hari Rabu menulis kepada Menteri Luar Negeri India, S Jaishankar, mendesak agar pemerintah India mengutuk keras pembunuhan seorang mantan perwira Angkatan Darat India di Gaza.

Pemerintah India, kata anggota Parlemen itu, harus mengutuk keras pembunuhan mantan perwira Angkatan Darat di Gaza.

Gokhale mengatakan mantan perwira Angkatan Darat itu sedang bepergian dengan kendaraan PBB yang diberi tanda jelas ketika dia terbunuh.

Kolonel Waibhav Anil Kale, 46, yang pensiun dini dari Angkatan Darat India pada tahun 2022, telah bergabung dengan salah satu badan PBB tiga minggu lalu.

Dia terbunuh di Rafah yang dilanda perang di Gaza pada Senin pagi, menjadi korban internasional pertama bagi badan dunia tersebut sejak konflik Israel-Hamas dimulai tahun lalu.

“Sangat mengejutkan bahwa seorang pensiunan kolonel Angkatan Darat India dibunuh oleh Israel di Gaza dan Pemerintah Modi yang tidak tahu malu tidak mengucapkan sepatah kata pun,” kata Gokhale dalam sebuah postingan di X, di mana ia membagikan surat yang ditulis kepada Menteri Luar Negeri India.

Baca juga: Rusia Beli Senjata India Senilai Miliaran Menggunakan Mata Uang Rupee India

Gokhale mengatakan mantan perwira Angkatan Darat itu sedang bepergian dengan kendaraan PBB yang diberi tanda jelas ketika dia terbunuh.

“Jelas dari laporan bahwa Kolonel Kale terbunuh ketika konvoinya diserang dalam serangan Pasukan Pertahanan Israel (IDF). Ada hukum internasional yang melarang serangan militer terhadap personel PBB di zona konflik,” dia ungkapnya dalam suratnya kepada EAM.

“Ini merupakan hal yang sangat memprihatinkan dan mengejutkan bahwa Pemerintah India tidak mengeluarkan kecaman atas tindakan keji yang dilakukan oleh Pasukan Israel dan juga tidak mengeluarkan dmarche ke Kedutaan Besar Israel sehubungan dengan serangan yang tidak beralasan dan ilegal terhadap Kolonel. Kendaraan Kale yang menyebabkan meninggal dunia,” ujarnya.

“Kolonel Kale adalah putra India pemberani yang melakukan pekerjaan tanpa pamrih di zona tempur menggunakan keterampilan yang dia asah di Angkatan Darat India. Serangan oleh Angkatan Bersenjata Israel terhadap seorang veteran India tidak dapat diterima terutama ketika Kolonel Kale tidak hanya seorang non-tempur tetapi juga bertugas di PBB yang personelnya dilindungi hukum internasional,” katanya.

Dia mengatakan insiden itu pantas, "setidaknya, kecaman sekeras-kerasnya dari Pemerintah India", dan meminta menteri untuk mengeluarkan "kecaman sekuat mungkin".

“Saya dengan sungguh-sungguh meminta Anda untuk mengeluarkan kecaman sekuat mungkin atas pembunuhan Kolonel Kale oleh Pasukan Pertahanan Israel (IDF) yang melanggar hukum internasional dan untuk membawa masalah ini ke Pemerintah Israel untuk menuntut penyelidikan cepat,” katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat