androidvodic.com

Tank-tank Israel Kepung Rumah Sakit Al-Awda, Tersisa 15 Fasilitas Medis yang Berfungsi di Gaza - News

News - Pertempuran sengit berlanjut di Gaza utara.

Serangan jet, helikopter, dan artileri Israel dilaporkan menghujani kamp pengungsi Jabalia.

Para staf di Rumah Sakit al-Awda mengatakan kepada MSF kemarin bahwa tank-tank Israel telah mengepung gedung tersebut dan sekarang mereka sudah kehabisan tenaga, bahkan air minum.

Sementara, Doctor Without Borders melaporkan bahwa Rumah Sakit al-Awda yang terkepung di wilayah tersebut telah kehabisan pasokan air minum.

Pengepungan yang sedang berlangsung terhadap Rumah Sakit al-Awda di Gaza adalah yang terbaru dari serangkaian serangan Israel terhadap layanan kesehatan di wilayah Palestina.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mendokumentasikan 445 serangan Israel terhadap sektor medis Gaza, yang mempengaruhi 101 fasilitas kesehatan, termasuk 32 rumah sakit.

Pada Oktober 2023 kemarin, sebuah rudal menghantam tempat parkir Rumah Sakit Arab al-Ahli di Kota Gaza, menewaskan ratusan orang.

Kemudian, pada November 2023, psukan Israel memasuki rumah sakit terbesar di Gaza, al-Shifa, setelah pengepungan selama beberapa hari.

Mereka juga melancarkan serangan terhadap al-Awda, menewaskan sedikitnya tiga dokter.

Lanjut pada Desember 2023, Pasukan Israel menguasai al-Awda setelah pengepungan selama 12 hari, di mana penembak jitu membunuh dua anggota staf medis di fasilitas tersebut.

Awal tahun ini, pada Januari 2024 tepatnya, Pasukan Israel memerintahkan evakuasi Rumah Sakit Nasser di Khan Younis dan menggerebek fasilitas tersebut.

Baca juga: 2 Tentara Israel Tewas setelah Hamas Ledakkan Terowongan di Jalur Gaza Selatan

Dua bulan lalu, yakni Maret 2024, serangan Israel terhadap Rumah Sakit al-Aqsa menewaskan banyak warga sipil yang berlindung di rumah sakit.

Pada bulan yang sama, militer juga melancarkan serangan baru terhadap al-Shifa, sehingga menghancurkannya.

Situasi di Rumah Sakit al-Awda

Kantor berita Wafa, mengutip sumber-sumber medis, mengatakan pasukan Israel menembakkan peluru artileri ke rumah sakit sebelum mengepung fasilitas tersebut pada hari Minggu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat