androidvodic.com

Iran Memerintahkan 'Komisi Khusus' untuk Menyelidiki Jatuhnya Helikopter Kepresidenan - News

Iran Memerintahkan 'Komisi Khusus' untuk Menyelidiki Jatuhnya Helikopter Kepresidenan

News- Iran memerintahkan 'komisi khusus' untuk menyelidiki jatuhnya helikopter kepresidenan.

Mantan menteri luar negeri Javad Zarif mengatakan pada hari Senin bahwa AS harus disalahkan atas kematian Raisi karena sanksi terhadap program penerbangan Teheran.

Kepala Staf Angkatan Darat Iran, Mayor Jenderal Mohammad Bagheri, pada tanggal 20 Mei memerintahkan penyelidikan atas kecelakaan helikopter di barat laut Iran sehari sebelumnya, yang menewaskan presiden negara itu Ebrahim Raisi, Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian, dan beberapa pejabat lainnya.

Bagheri “menugaskan delegasi tingkat tinggi … untuk menyelidiki dimensi dan penyebab jatuhnya helikopter Presiden,” menurut kantor berita ISNA Iran. Investigasi akan dipimpin oleh Jenderal Ali Abdulahi, Wakil Koordinator Staf Umum Angkatan Bersenjata, tambah ISNA.

Mantan Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif mengatakan dalam wawancara telepon dengan media pemerintah pada Senin pagi bahwa ia menganggap AS bertanggung jawab atas kecelakaan itu, mengutip sanksi Washington terhadap program penerbangan Teheran.

“Salah satu penyebab peristiwa tragis ini adalah Amerika Serikat yang memberikan sanksi atas penjualan industri penerbangan ke Iran,” kata Zarif.

Dia menambahkan bahwa sanksi AS menghalangi Iran untuk mempertahankan fasilitas penerbangan yang memadai, dan menambahkan bahwa kecelakaan itu akan “dicatat dalam daftar hitam kejahatan Amerika terhadap bangsa Iran.”

Baca juga: Obituari: Siapa Ebrahim Raisi, Mendiang Presiden Iran?

Helikopter BELL 212 buatan AS berusia 45 tahun yang membawa presiden, menteri luar negeri, dan delegasi Iran kemungkinan besar dibeli oleh Shah Iran – sekutu AS dan Israel – sebelum revolusi tahun 1979 yang menjadi saksi berdirinya Republik Islam. .

Sanksi AS terhadap Iran mencegah negara tersebut membeli suku cadang untuk memelihara armada pesawat sipilnya, yang sebagian besar berusia lebih dari dua dekade.

Kematian mendadak Raisi dan Amir-Abdollahian telah mendorong pengguna media sosial dan pengamat berspekulasi tentang keterlibatan Israel dalam kecelakaan tersebut.

“Bukan kami yang melakukannya,” kata seorang pejabat Israel yang tidak disebutkan namanya kepada Reuters pada 20 Mei.

Belum ada komentar resmi dari Israel.

Iran mengumumkan pada awal tanggal 20 Mei bahwa Raisi, Amir-Abdollahian, dan orang-orang yang menemani mereka tewas dalam kecelakaan helikopter sehari sebelumnya.

Setelah operasi pencarian selama 16 jam sepanjang hari Minggu dan Senin pagi, Masyarakat Bulan Sabit Merah Iran (IRCS) akhirnya menemukan puing-puing helikopter yang jatuh, dan mengatakan dalam pernyataan awal bahwa “tidak ada tanda-tanda kehidupan” yang ditemukan di lokasi tersebut.

(Sumber: The Cradle)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat