androidvodic.com

Rumah Sakit Nyatakan Kondisi PM Slovakia Robert Fico Sudah Membaik - News

News - Rumah sakit tempat Perdana Menteri Slovakia, Robert Fico, dirawat, baru saja mengabarkan kondisi terkini pemimpin tersebut pada Senin (20/5/2024).

Dokter yang mengobatinya mengatakan keadaan Fico saat ini sudah membaik pasca-lolos dari upaya pembunuhan yang terjadi pada Rabu (15/5/2024) kemarin.

"Kondisi pasien stabil," kata rumah sakit di kota Banska Bystrica di Slovakia tengah dalam sebuah pernyataan yang di unggah di halaman Facebook.

"Secara medis dia membaik, bisa berkomunikasi, tanda inflamasinya secara bertahap juga menurun," lanjut pihak rumah sakit.

Sebelumnya pada Minggu (19/5/2024), Wakil Perdana Menteri Slovakia, Robert Kalinak, lebih dulu mengabarkan nyawa Fico sudah tidak lagi dalam bahaya.

Meski demikian, kondisi Fico masih cukup serius untuk dipindahkan ke rumah sakit di ibu kota Bratislava.

Di hari yang sama, Menteri Dalam Negeri Slovakia, Matus Sutaj Estok, mengatakan tim investigasi telah dibentuk, yang bertugas menyelidiki apakah tersangka bertindak sendiri seperti dugaan awal.

Tersangka yang menyerang Fico berusia 71 tahun, jaksa mengidentifikasinya sebagai Juraj C, seorang mantan penjaga keamanan pusat perbelanjaan dan penulis tiga kumpulan puisi.

"Penyelidik akan menentukan apakah dia adalah bagian dari sekelompok orang yang saling mendukung untuk melakukan pembunuhan," ucap Estok.

Salah satu faktor yang menunjukkan keterlibatan orang lain adalah komunikasi internet tersangka dihapus dua jam setelah serangan, namun bukan oleh tersangka dan kemungkinan besar bukan oleh istrinya.

Sosok Robert Fico

PM Slovakia Robert Fico adalah perdana menteri Slovakia yang populis.

Baca juga: PM Slovakia Robert Fico Jalani Operasi Kedua, Kalinak: Saya Melihat Ada Kemajuan

Fico juga  merupakan PM terlama dalam sejarah Slovakia.

Robert Fico merupakan politikus Slowakia yang sebelumnya menjabat ketua partai Demokratik Sosial - Direksi sejak 1999.

Pria kelahiran 15 September 1964 telah menjabat sebagai PM Slovakia sejak 2006, ia menggantikan Mikuláš Dzurinda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat