androidvodic.com

Surat Perintah Penangkapan Netanyahu oleh ICC Juga Menghantui Pejabat AS, Mereka Bisa Ikut Terseret - News

Surat Perintah Penangkapan ICC Terhadap Netanyahu Menghantui Pejabat AS, Mereka Juga Bisa Ditangkap

News- Pengadilan kejahatan Internasional (ICC) telah mengeluarkan surat penangkapan terhadap Benjamin Netanyahu.

Surat perintah penangkapan ICC terhadap Benjamin Netanyahu bisa menghantui para pejabat AS.

Karena, bisa saja jika nanti Netanyahu dibuktikan bersalah, AS sebagai pemasok senjata untuk Israel juga terkena getahnya.

Oleh karena itu sebelum dilakukan, Presiden Joe Biden langsung berusaha mematikan langkah ICC tersebut dengan mengecamnya.

Surat perintah penangkapan ICC terhadap Netanyahu menghantui para pejabat AS?

Joe Biden menolak tindakan jaksa ICC yang menangkap Perdana Menteri Israel dan kepala pertahanannya sebagai hal yang 'keterlaluan'.

Dukungan Washington yang terus-menerus terhadap Israel setelah jaksa penuntut utama dalam keputusan Pengadilan Kriminal Internasional meminta surat perintah penangkapan bagi para pejabat Israel pada akhirnya dapat menciptakan kerentanan hukum bagi para pemimpin AS, kata para ahli.

Baca juga: Jaksa ICC yang Perintahkan Penangkapan Netanyahu Cs dalam Bahaya, Dia Diancam, Ini Sosoknya

AS dengan cepat mengutuk ICC pada hari Senin setelah jaksa penuntut utama Karim Khan mengatakan dia akan meminta surat perintah penangkapan untuk Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant.

Khan juga sedang mencari surat perintah penangkapan terhadap tiga pejabat tinggi Hamas.

Meskipun AS tidak mengakui yurisdiksi ICC, kasus ini dapat membuka jalan bagi para pemimpin dan pejabat Amerika untuk dimintai pertanggungjawaban di pengadilan AS, kata Daniel Levy, presiden Proyek AS-Timur Tengah.

“Saya kira hal ini pada akhirnya tidak akan ditegakkan, namun hal ini menciptakan kerentanan baru secara individu dan kolektif, bagi orang-orang yang telah memberikan bantuan,” kata Levy kepada The National.

“Mari kita perjelas, kejahatan yang dituduhkan kepada para pemimpin Israel tidak akan berlanjut tanpa adanya aliran amunisi dan senjata Amerika yang terus-menerus.”

Dia mengatakan pemerintahan Presiden Joe Biden, yang menyebut pengumuman Khan “keterlaluan”, tampaknya mengatakan mereka bersedia menjatuhkan sistem hukum internasional global yang rapuh untuk menjamin bahwa Israel tidak akan pernah bisa dimintai pertanggungjawaban.

“Kemarahan… adalah respons autopilot ketika Israel dikritik atau dimintai pertanggungjawaban,” kata Levy.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat