androidvodic.com

Hadiri Pemakaman Presiden Iran, Pemimpin Hamas: Kami Yakin Iran Lanjutkan Dukungan untuk Palestina - News

News - Warga Iran menghadiri prosesi pemakaman Presiden Iran, Ebrahim Raisi, dan rombongan, yang tewas dalam kecelakaan helikopter.

Kerumunan besar memadati jalan-jalan ibu kota Teheran pada Rabu (22/5/2024).

Pejabat tinggi dari setidaknya 68 negara menghadiri upacara di Teheran pada hari Rabu, untuk memberikan penghormatan kepada Presiden Iran Ebrahim Raisi dan rekan-rekannya.

Di pusat kota, pelayat yang memegang potret Ebrahim Raisi berkumpul di dalam dan sekitar Universitas Teheran, tempat pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, memimpin salat.

Dalam prosesi pemakaman tersebut, hadir Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh.

Wakil Pemimpin Hizbullah, Naim Qassem, juga turut hadir.

Kepada massa, Ismail Haniyeh meneriakkan "Matilah Israel".

Sementara, Pemimpin Hamas itu yakin bahwa Iran akan tetap memberikan dukungan pada Palestina.

"Saya katakan sekali lagi, kami yakin Republik Islam Iran akan melanjutkan dukungannya bagi rakyat Palestina," kata Haniyeh, Rabu, dilansir The Times of Israel.

Sebagai informasi, pejabat asing diterima oleh penjabat Presiden Mohammad Mokhber; penjabat Menteri Luar Negeri Ali; Bagheri Kani; dan pejabat pemerintah lainnya.

Diberitakan Anadolu Agency, mereka yang menghadiri upacara tersebut antara lain Emir Tamim bin Hamad Al Thani dari Qatar; Perdana Menteri Irak, Mohammed Shia al-Sudani, Perdana Menteri Pakistan, Shehbaz Sharif; dan Perdana Menteri Azerbaijan, Ali Asadov.

Baca juga: Bos Hamas Hadiri Upacara Pemakaman Presiden Iran Raisi: Saya Datang atas Nama Perlawanan Palestina

Presiden Tunisia, Kais Saied; Presiden Suriah, Bashar al-Assad; Presiden Tajikistan, Emomali Rahmon; serta ketua parlemen Lebanon, Aljazair, Kazakhstan, Ethiopia, Mali, Rusia, dan Uzbekistan juga hadir dan memberikan penghormatan.

Wakil Presiden Turki, Cevdet Yilmaz; dan Menteri Luar Negeri, Hakan Fidan; juga ambil bagian dalam upacara tersebut.

Hadirin juga termasuk para menteri luar negeri Lebanon, Mesir, Tunisia, Arab Saudi, Kuwait, Uzbekistan, Tajikistan, Belarus, Armenia, Azerbaijan, Sri Lanka, Afghanistan, Pakistan, Venezuela, dan Yordania.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat