androidvodic.com

Lagi, Dua Negara di Eropa Bulan Depan Susul Spanyol, Norwegia, dan Irlandia Akui Negara Palestina - News

Lagi, Dua Negara di Eropa Bulan Depan Susul Spanyol, Norwegia, dan Irlandia Akui Negara Palestina

News - Duta Besar Negara Palestina untuk Austria sekaligus Pengamat Tetap PBB dan organisasi internasional di Wina, Salah Abdel Shafi, mengindikasikan kalau Slovenia dan Belgia segera menyusul negara-negara yang sudah lebih dulu mengakui Negara Palestina.

Salah Abdel Shafi menjelaskan: “Palestina memperkirakan negara-negara Uni Eropa berikutnya yang akan mengakuinya adalah Slovenia dan Belgia, dan keputusannya diperkirakan akan dikeluarkan di Slovenia pada paruh pertama bulan depan.”

Baca juga: UU Disengagement Batal Total, Ini Dua Langkah Panik Israel Bendung Pengakuan Negara Palestina

Ia menambahkan, “Pemerintah Slovenia memutuskan untuk secara resmi mengakui Palestina sebagai sebuah negara lebih dari seminggu yang lalu, namun prosedurnya adalah Parlemen harus mengambil keputusan ini, yang dianggap sebagai formalitas karena semua pihak pemerintah meminta pengakuan, dan pihak pemerintah mempunyai hak untuk mengakui Palestina sebagai sebuah negara. mayoritas suara di Parlemen, dan dalam hal ini, Kami memperkirakan pengakuan tersebut akan dikeluarkan pada pertengahan Juni.”

Dia juga menekankan: “Kami juga berharap Belgia mengakui Palestina sebagai sebuah negara, karena Belgia telah menjelaskan bahwa mereka mempertimbangkan hal ini secara positif dan sebelumnya telah mengumumkan niat tersebut.”

Sebelumnya, Irlandia, Spanyol dan Norwegia mengikuti contoh banyak negara Eropa dengan mengumumkan pada Rabu (22/5/2024) kalau mereka  mengakui negara Palestina.

Negara-negara Arab menyambut baik keputusan ini, namun Israel meresponsnya dengan kemarahan.

Abdel Shafi menjabat sebagai Duta Besar Palestina untuk Austria dan pengamat tetap PBB di Wina sejak tahun 2013.

Selain itu, sejak Oktober 2014 ia juga menjabat sebagai Duta Besar Palestina untuk Slovenia, dan sejak tahun 2021 menjadi Duta Besar Palestina untuk Kroasia, dengan kediamannya. di Wina.

Pada tahun 2010 hingga 2013, Abdel Shafi menjabat sebagai Duta Besar Palestina untuk Jerman.

Baca juga: Giliran Jamaika yang Resmi Akui Negara Palestina, Total Sudah 140 Negara Beri Pengakuan

Apa Dampak Pengakuan Negara Palestina?

Seruan agar negara-negara Barat mengakui negara Palestina baru-baru ini semakin kencang terdengar.

Meskipun Jerman saat ini belum menganggap wilayah Palestina sebagai negara kesatuan, sebagian besar negara-negara di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) justru sebaliknya. Ada sebanyak 139 dari total 193 negara yang kini menganggap wilayah Palestina sebagai negara kesatuan.

Spanyol, Norwegia, dan Irlandia juga baru-baru ini mengaku berkomitmen untuk mengakui negara Palestina.

Bahkan Amerika Serikat (AS), negara yang kerap memveto hampir setiap upaya untuk mengakui bangsa Palestina, kini disebut-sebut sedang mempertimbangkan kembali pengakuan tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat